Hari Ini, RUU Minerba Bakal Disahkan Jadi Undang-undang

Ketua Panja Rancangan Undang-undang Mineral dan Batubara (RUU Minerba) Komisi VII DPR RI, Bambang Wuryanto

Jakarta, PONTAS.ID –  DPR RI akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Minerba menjadi Undang-Undang dalam rapat paripurna hari ini, Selasa (12/5/2020).

Diketahui, pembahasan RUU Minerba telah disepakati oleh pemerintah bersama Komisi VII DPR RI, dalam rapat kemarin.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Panja RUU Minerba DPR RI, Bambang Wuryanto, dan dihadiri Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Sebelumnya, Ketua Panja RUU Minerba DPR RI, Bambang Wuryanto, menegaskan bahwa RUU ini sudah disiapkan sejak lama. Bahkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) sudah disiapkan sejak tahun 2016, dan sampai akhir DPR RI periode 2014-2019 mencapai 938 masalah.

Hal ini menepis anggapan bahwa pembahasan RUU ini oleh DPR RI dan Pemerintah terkesan terburu-terburu.

“Tidak benar jika dikatakan bahwa pembahasan RUU ini seakan-akan ingin dikebut atau cepat-cepat oleh Anggota Dewan. Yang menyebut RUU ini dibahas cepat sekali, kurang paham pembahasan perundangan. Itu mesti dipahami dulu, jangan menghukum,” tegas Bambang, saat Rapat Kerja virtual Panja RUU Minerba tentang Pembicaraan Tingkat I RUU tentang Minerba dengan Kementerian ESDM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan RI, Senin (11/5/2020) kemarin.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, pun mengatakan, pemerintah menyambut baik inisiatif DPR RI untuk menyusun RUU Minerba sebagai bagian dari upaya perbaikan tata kelola mineral dan batubara ke depan.

“Serta sebagai upaya untuk menjalankan amanat Pasal 33 UUD 1945 dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan mineral dan batubara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” ungkap Arifin.

Penulis: Riana

Editor: Luki H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here