ABK WNI Kapal Pesiar MV. Wind Spirit Dan MV. Quantum Of The Seas Tiba di Jakarta

123 orang ABK WNI yang baru tiba akan melaksanakan swab test akan diantar ke Hotel Mecure kemayoran Jakarta Pusat dan Hotel Ambhara di Blok M.

Jakarta, PONTAS.ID – Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Wind Spirit sebanyak 30 orang, semuanya laki-laki dan MV. Quantum of the Seas 93 orang (termasuk 6 wanita), di dermaga JICT II  Tanjung Priuk Jakarta Utara (Jumat, 8/5/2020)

Kedua kapal pesiar lego jangkar sekitar 3 mil laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Dari Kapal pesiar MV. Quantum of the Seas, setelah selesai menurunkan para ABK WNI asal Pulau Bali, lalu dipindahkan menggunakan Boat sebanyak 2 unit di bawa ke Dermaga JITC II Tanjung Priok. Demikian juga dari kapal pesiar MV. Wind Spirit, ABK WNI yang semuanya laki-laki dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Setelah sampai di dermaga pelabuhan, seluruh ABK disemprot disinfektan dan diwajibkan barang bawaannya melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai Jakarta dibantu Tim K-9 POM Lantamal III guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta di data untuk melaksanakan Swab Test oleh Dinas KKP Jakarta dengan kekuatan sebanyak 20 medis di ruang khusus.

“ABK WNI kapal pesiar MV. Quantum of the seas sebanyak 93 orang dan kapal pesiar MV. Wind spirit sebanyak 30 orang, maka seluruhnya 123 orang selesai melaksanakan swab test akan diantar ke Hotel Mecure kemayoran Jakarta Pusat dan Hotel Ambhara di Blok M, untuk menjalani isolasi/karantina mandiri selama menunggu hasil swab test selama 2-3 hari,” ujar Brigjen Hermanto.

Pangkoarmada I Laksamana muda TNI Muhammad Ali turut meninjau ke Dermaga JICT 2 untuk melihat secara langsung jalannya evakuasi dan Swab Test terhadap WNI dari dua kapal pesiar tersebut, dan menerima penjelasan dan SOP tentang pelaksanaan evakuasi hingga penanganan bila ternyata ada terjangkit Covid-19. Bila hasilnya negatif, akan dikembalikan ke daerahnya masing-masing, dengan tidak mengesampingkan peraturan PSBB, baik keluar maupun masuk ke daerahnya.

“Terimakasih kepada semua pihak atas kerjasamanya terutama Tim Customs bea cukai, Imigrasi, Kopaska, Polri, KKP, KPLP, KSOP, Pihak Agen dan Syahbandar karena tugas kita telah terlaksana dengan tertib, aman dan lancar,” jelas Dansatgas

Penulis: Abryanto

Editor: Idul HM

Previous articleSumbang APD, Surya Apresiasi PT Socfindo Perkebunan Aek Loba
Next articleTidak Semua Warga Tebingtinggi Terima BST Covid-19, Ini Syaratnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here