Gubernur Banten Gelar Rakor Forkopimda Bahas PSBB Tangerang Raya

Tigaraksa, PONTAS.ID – Gubernur Banten, Wahidin Halim, menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Banten dan Bupati/Wali Kota se-Tangerang Raya melalu video teleconference pada Senin (13/4/2020) kemarin.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, yang di dampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, pun turut hadir dalam rapat yang berlangsung di Ruang Cituis Lantai 5 Gedung Bupati Tangerang, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Banten, itu.

Gubernur Banten yang memimpin jalannya acara menjelaskan, rapat melalui video teleconference tersebut bertujuan untuk membahas finalisasi Peraturan Gubernur Banten untuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Tangerang Raya di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan

“Saya harap agar peraturan Ini efektif dan efisien diterapkan di masyarakat Tangerang Raya. Sehingga, dapat mencegah penyebaran Covid-19 serta tetap menjamin kehidupan masyarakat yang nantinya terdampak,” Kata WH, sapaan akrap Wahidin Halim.

WH juga sepakat bersama TNI-Polri dan kejaksaan akan menindak tegas masyarakat yang melanggar aturan PSBB tersebut.

“Kami juga meminta masyarakat untuk saling mengingatkan warga di sekitarnya agar mematuhi peraturan ini. Demi kita semua di sinilah kita bisa berperan untuk masyarakat. Selasa sampai hari Jumat kami akan lakuan finalisasi dan sosialisasi peraturan tersebut sehingga Sabtu (18/4/2020) mendatang pukul 00.01 WIB, peraturan ini bisa diterapkan,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengungkapkan bahwa pelaksanaan PSBB di Kabupaten Tangerang maupun wilayah Tangerang lainnya akan diberlakukan mulai Sabtu (18/4/2020) pukul 00.01 WIB sesuai dengan kesepakatan Gubernur Banten.

“Kami harapkan pelaksanaan PSBB tersebut nanti bisa efektif menekan angka penyebaran Covid-19 di Wilayah Tangerang Raya, khususnya di Kabupaten Tangerang,” harap Zaki.

“Setelah mematangkan draft Pergub tersebut, kemudian diterbitkan dan SK/Perbup bisa segera terbit. Selanjutnya, pada hari Rabu dan Kamis (15 – 16/4/2020), dan pada hari Jumat (17/4/2020) Pergub tersebut sudah bisa disosialisasikan kepada masyarakat. Kemudian, pada Jumat malam atau malam Sabtu (18/4/2020), PSBB di Tangerang sudah diberlakukan,” sambung Zaki.

Lebih lanjut, Zaki pun mengatajan akan membentuk gugus tugas penanganan Covid 19 hingga wilayah tingkat RT/RW untuk membantu gugus tugas tingkat Kabupaten.

“Kita akan membuat gugus tugas hingga tingkat RT/RW karena mereka merupakan garda terdepan yang ada di wilayah masing-masing, sehingga nantinya mereka yang akan banyak berperan di tingkat bawah,” pungkas Zaki.

Penulis: Liston Simarmata

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here