Hadapi Corona, Ketua DPR Imbau Masyarakat Bersatu

Puan Maharani
Puan Maharani

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan terus mendukung upaya para dokter dan tenaga medis lain yang bekerja di garis depan penanggulangan wabah Corona.

“Karena itu, saya meminta masyarakat ikut meringankan beban mereka dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan secara mandiri,” kata Puan dalam keterangan pers, Kamis (19/3/2020).

Puan kemudian memberi contoh seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, makan makanan bergizi dan sehat, mengkonsumsi vitamin tambahan, rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar.

“Saya juga mengimbau agar masyarakat bersikap positif dan bahu membahu, bergotong royong mengatasi pandemi ini. Sebab penanggulangan wabah Corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak, baik pemerintah, TNI, polri, masyarakat, dan swasta,” paparnya.

Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya penanganan yang terintegrasi dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisai, mitigasi, serta penanganan pasien.

Masyarakat mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan mematuhi protokol penanganan wabah.

Pihak swasta ikut mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan. Gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai bisa difungsikan sebagai rumah sakit sementara.

“Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, saya mengimbau, sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona,” harapnya.

“Mari kita gotong royong dan fokus menanggulangi pandemi covid -19 ini. Kami meminta pemerintah fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat , karena menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat sama artinya menyelamatkn ekonomi nasional,”.

Menurut Puan, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang lahir dan besar karena selalu mengatasi tantangan dengan semangat gotong royong sebagai semangat asli Indonesia.

“Maka saya yakin pada akhirnya bangsa ini akan melewati tantangan wabah virus Corona.

Selanjutnya, kita akan menjadi bangsa yang lebih tangguh dan maju. Untuk itu, kita harus menjauhkan sikap egois, sikap mau selamat sendiri,”. Karena virus Corona hanya bisa dilawan kalau bersatu menghadapinya.

“Virus Corona akan menyerang siapa saja tanpa memandang status kita, agama kita, profesi kita, suku dan warna kulit kita. Maka untuk melawannya, kita harus bekerjasama, bersatu sebagai sesame anak bangsa”.

“Mari kita selalu waspada, tidak panik dan optimisti. Tidak lupa saya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” pungkasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDarurat Corona Diperpanjang, Ini Respon Ketua MPR
Next articleNasDem Dorong Pemerintah Antisipasi Eskalasi Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here