Jakarta, PONTAS.ID – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa pola operasi untuk mengatasi dampak terendamnya sebagian jalur rel pada Selasa (25/2/2020) pagi.
“Genangan air yang ketinggiannya di atas rel terdapat di lintas antara Stasiun Kampung Bandan – Stasiun Kemayoran, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang,” jelas VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam keterangan tertulisnya kepada PONTAS.id, Selasa (25/2/2020).
Hujan lebat sejak malam tadi, kata Anne juga mengakibatkan tahap akhir pekerjaan penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota belum sempurna.
Untuk itu sebagai antisipasi PT KCI melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut:
- Lintas Bogor/Depok – Angke/Jatinegara PP perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.
- Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Pasar Senen, perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Senen.
- Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.
- Lintas Bekasi – Jakarta Kota PP via Manggarai sebagian perjalanannya diatur hanya sampai Stasiun Manggarai.
- Lintas Tanjung Priok – Jakarta Kota PP sementara tidak beroperasi karena genangan air di Stasiun Kampung Bandan dan Sekitarnya.
- Lintas Rangkasbitung – Tanah Abang PP terdapat antrian kereta sehubungan jalur VI Stasiun terendam air, kereta masuk Stasiun Tanah Abang bergantian menggunakan satu jalur (jalur V)
- Lintas Tangerang – Duri PP, hingga pukul 09.30 terpantau normal.
“Saat ini petugas dari PT KCI dan PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya untuk normalisasi sejumlah jalur tersebut, dengan dibantu pihak-pihak terkait,” terangnya.
Anne melanjutkan, pihaknya menghimbau para pengguna untuk merencanakan kembali perjalanannya mengingat sejumlah rekayasa pola operasi tersebut.
Dia juga mengajak pengguna jasa KRL untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dengan tidak berdesakan saat naik turun kereta, tidak memaksakan diri untuk naik ke dalam KRL yang telah penuh, dan selalu berhati-hati terutama saat kondisi licin karena hujan.
Informasi terkini mengenai perjalanan KRL dapat diakses melalui aplikasi KRL Access, media sosial @commuterline, dan contact center 02 Corporate Co1-121.
“Para petugas di Stasiun maupun kereta juga akan memberikan informasi kepada para pengguna KRL secara berkala,” tutupnya.
Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Riana Agustian