BPK Sumut Apresiasi Pemkab Asahan Serahkan LKPD

BPK Sumut bersama dengan Bupati Asahan Surya
BPK Sumut bersama dengan Bupati Asahan Surya

Asahan, PONTAS.ID – Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lebih awal menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan tercatat daerah kedua di Sumatera Utara setelah Pemerintah Kotamadya Pematang Siantar.

“Pemkab Asahan tamu Kedua kami setelah Pemko Siantar namun bagi kami tetap merupakan yang pertama bagi setiap tamu yang datang mengantarkan LKPD,” kata Eydu, saat menerima Bupati Asahan, Surya pada acara penyerahan LKPD Kabupaten Asahan TA 2019 di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Medan, Rabu (19/2/2020).

Menurut Eydu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan rinci sampai Maret, pemeriksaan laporan tersebut dimaksudkan untuk memberikan Opini yang telah diuji oleh BPK. Dan salah satu yang menjadi penilaian katanya adalah tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Namun diakui Eydu, selama ini dari hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut yang mengedepankan prinsip Integritas, Independensi dan Profesional pemberian Opini selalu selaras dengan pemberian laporan Keuangan.

“BPK Sumut tetap memberikan beberapa catatan salah satunya terkait penerapan Sistem Keuangan Berbasis Akrual, dimana Pemkab Asahan dalam hal pencatatan masih belum sepenuhnya Akrual,” terang Eydu.

Menyikapi pernyataan Eydu tersebut, Bupati Asahan, Surya mengatakan siap bersinergi dengan BPK Perwakilan Sumut dalam meningkatkan Akuntabilitas Keuangan Kabupaten Asahan lebih baik lagi kedepannya.

Kendatipun kata Surya, Pemkab Asahan terus melakukan berbagai inovasi dan terobosan agar penggunaan anggaran benar-benar menyentuh sektor pelayanan publik karena hal itu sesuai dengan prinsip Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah yang berbasis kebutuhan masyarakat.

Surya juga berharap Tim Pemeriksa BPK RI memberikan arahan dan bimbingan dalam hal penyempurnaan penyajian LKPD Kabupaten Asahan dan audit yang dilakukanpun hendaknya secara obyektif.

“Kami mohon arahan dan bimbingannya agar kami dapat terus meningkatkan tata kelola keuangan daerah yang berujung pada peningkatan kualitas pelaksanaan tugas-tugas ASN di Kabupaten Asahan,” tegas Surya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Auditorat Sumut I Nugroho Heru Wibowo, Kepala Sub Auditor Sumut III Syafruddin Lubis, Inspektur Zulkarnain Nasution, Kepala BPKAD Ismet, Kadis Pendapatan Sorimuda, dan Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya

Editor: Luki Herdian

Previous articleSekda dan Kabaharkam Polri Tinjau Kesiapan Tanam Mangrove di Mauk
Next articleBongkar Jaringan Narkotika, Polres Tanjab Timur Amankan 6 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here