Ada Urugan di Embung, Warga Kapuk Muara Was-was

Jakarta, PONTAS.ID – Kondisi embung di RW 03 Kelurahan Kapuk Muara makin meprihatinkan. Selain dipenuhi enceng gondok, embung yang merupakan satu-satunya tempat menampung air disaat musim penghujan tersebut saat ini mulai diurug memakai puing.

“Jika semakin dibiarkan yang kami takutkan pengurugan embung makin meluas, padahal saat ini sudah mulai musim penghujan bisa-bisa wilayah Kapuk Muara muara tenggelam karena banjir,” ujar salah seorang warga Kapuk Muara, Slamet di lokasi embung, Rabu (13/11/2019).

Menurut Slamet, tahun sebelumnya kondisi embung tersebut bersih dari enceng gondok lantaran selalu dibersihkan oleh petugas Pemprov DKI Jakarta. “Saya harap pemerintah setempat segera tanggap agar embung dapat kembali bersih,” harapnya.

Sebelumnya, embung yang terletak di Kawasan Villa Kapuk Mas II, Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara tersebut digadang-gadang dapat mencegah banjir diwilayah Kapuk Muara.

Bahkan pada 2017 lalu, embung itu juga dijaga dan dibersihkan oleh petugas Kelurahan dan juga dari Unit Pengelola Kawasan (UPK) Badan Air Suku Dinas Lingkungan Hidup untuk mencegah warha setempat membuang sampah di lokasi embung seluas kurang lebih 1,4 Hektare tersebut.

Sementara itu, Anggota Dewan Kota Jakarta Utara, Ridwan Hakim berharap Pemerintah Kota segera melakukan tindakan antisipasi sebelum banjir menggenangi wilayah Kapuk Muara.

“Seharusnya Lurah yang saat ini menjabat dapat meniru Lurah- Lurah sebelumnya yang menjaga dan membersihkan embung tersebut. Apalagi saat ini telah mamasuki musim penghujan,” terangnya.

Ridwan Hakim meminta Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara melalui unit terkait agar mencarikan solusi soal kondisi embung yang mulai diurug saat ini. “Ini merupakan keluhan warga, jadi harus diprioritaskan,” tandasnya.

Penulis: Edi Prayitno
Editor: Luki Herdian

Previous articleLagi, Warga Kabupaten Tangerang Nikmati Program Bedah Rumah
Next articleDPR: Butuh Peran Semua Pihak Berantas Terorisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here