Pengamat Minta Erick Thohir Kaji Ulang Pemilihan Calon Bos PLN

Menteri BUMN, Erick Thohir

Jakarta, PONTAS.ID – Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Junisab Akbar, menilai, perlu ada pengkajian lagi dalam proses pemilihan direksi di sejumlah perusahaan pelat merah. Diketahui, baru-baru ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir, mengaku sudah menyiapkan nama-nama untuk mengisi posisi direksi sejumlah perusahaan pelat merah.

Setidaknya, ada lima perusahaan BUMN yang bakal mendapat direksi baru, yakni PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Inalum (Persero) atau MIND-ID, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Junisab percaya, langkah Erick Tohir ini dilakukan demi terciptanya suasana kinerja maksimal di setiap BUMN. Namun, menurutnya perlu ada pengkajian lagi dalam proses pemilihan tersebut.

“Informasi yang kami terima, khusus untuk PLN, lebih kurang 18 nama calon direksi yang ada di Kementerian BUMN dominan berasal dari anak perusahaan PLN, yang proses rekrutmennya sudah sejak Mei 2019 pada masa Dirut PLN Sofyan Basir, jadi rekrutmen bukan dimasa kepemimpinan Thohir,” papar Junisab, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Junisab menuturkan, seleksi direksi sebaiknya turut menyertakan orang-orang di lingkaran PLN agar didapat komposisi calon yang ideal. Di samping itu, orang-orang PLN kemungkinan besar akan lebih mengetahui problematika yang ada di perusahaan penyuplai seterum tersebut ketimbang pihak lain.

“Agar menjadi ideal harus dikaji, dengan cara menyertakan personel yang berimbang dari potensi PLN. Dari pihak luar tetap tidak masalah asal komposisinya tidak dominan. Dengan demikian Menteri BUMN akan mendapat direksi yang mumpuni,” tambah Junisab.

Lebih jauh, Junisab menduga, penyebab calon direksi PLN dominan berasal dari anak perusahaan lantaran ketidak-terbukaan pola rekrutmen.

“Menteri BUMN sebaiknya mengkaji ulang sistem yang tertutup layaknya kotak pandora di lingkungan PLN,” pungkasnya.

Penulis: Ririe

Editor: Luki H

Previous articleTiga Pendekatan Ini Berikan Akses Listrik ke Masyarakat
Next articleKemenparekraf Hadirkan Tourism Hub Information di Johor Bahru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here