Ketua MPR Pastikan Keamanan Pelantikan Presiden Sesuai Protap

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengungkapkan, hasil dari rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan Panglima TNI, Kapolri dan BIN yakni menyiapkan segala bentuk pengamanan baik dari mulai saat dimulai hingga berakhir pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) pada 20 Oktober mendatang.

“Jadi, sesuai SOP TNI dan Polri, dan BIN, semua sudah dalam antisipasi dan protap yang ada. Dan dipastikan presiden dan wapre terpilih, maupun yang akan digantikan selamat dari rumah ke Senayan hingga Istana, dan rumah masing-masing dengan selamat,” kata pria akrab disapa Bamsoet dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Selasa (15/10/2019).

Selain Ketua MPR Bambang Soesatyo, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN, Budi Gunawan.

Selain untuk Presiden dan Wapres terpilih, Bamsoet juga mengatakan, bentuk pengamanan juga akan diberikan kepada tamu negara mulai dari penjemputan baik dari bandara Halim PK dan Bandara Soekarno Hatta maupun tempat penginapan mereka.

“Ada kepala negara, kepala pemerintahan, utusan khusus menginap di beberapa hotel di Jakarta, di mana pengamanan dan pengawalan akan ketat sampai ke Senayan untuk mengikuti acara pelantikan. Begitu juga anggota DPR akan diberikan pengawalan bila diperluykan, agar mereka bisa sampai ke Senayan, dengan selamat aman dan lancar,” terangnya.

Namun demikian, ia menegaskan yang terpenting adalah pesan dari Senayan, bersama panglima TNI, Kapolri dan Ka BIN kepada rakyat, bahwa pelantikan presiden harus berlangsung dengan khidmat. Karena akan membawa kesan positif bagi bangsa Indonesia di dunia internasional,” ungkap bekas Ketua DPR ini.

“Sekali lagi mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia dan adik-adik mahasiswa mari rapatkan barisan gandengan tangan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegas Bamsoet.

Berjalan Khidmat

Hal senada juga dikatakan Ketua DPR RI, Puan Maharani berharap agar pelantikan Presiden dan Wapres mendatang bisa berjalan baik dan lancar.

“Kami selaku ketua DPR beserta pimpinan, ketua MPR beserta pimpinan, ketua DPD beserta pimpinan yang ikut tadi hadir menyatakan komitmen kami insyaallah untuk bisa melaksanakan pelantikan presiden dan wapres 2019-2024 bisa berjalan baik lancar, khidmat, tertib dan nyaman,” kata Puan.

Politikus PDIP ini juga berharap bahwa ini acara sakral yang memang harus dilaksanakan secara khidmat dan ia mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia agar bisa melaksanakan peristiwa lima tahunan ini secara baik, tertib, dan lancar, agar saling menghormati, menghargai, saling bergotong royong untuk membangun negara Indonesia ke depan.

“Ini peristiwa lima tahunan, secara konstitusional sesuai UU harus dilakukan sekhidmat-khidmatnya untuk bisa memberikan penghargaan kepada presiden dan wapres terpilih untuk dilantik menjadi presiden dan wapres yang resmi memerintah 2019-2024,” harap bekas Menko PMK ini.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articleDPRD Tebing Tinggi Dukung Pedagang Pasar Inpres untuk Tidak Direlokasi ke Pasar Induk
Next articleKetua MPR Ajak Kaum Muda Sosialisasikan Empat Pilar Melalui Medsos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here