Tahun 2020, Terminal Minangkabau Ditargetkan Naik Dua Kali Lipat Kapasitas

Jakarta, PONTAS.ID – PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mengembangkan terminal penumpang pesawat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang.
Pengembangan dilakukan melalui pembangunan gedung baru yang terletak persis disebelah gedung terminal eksisting.

Nantinya, terminal di Bandara tersebut bisa menampung 5,17 juta penumpang per tahun. Saat ini, terminal tersebut baru bisa menampung 2,3 juta penumpang dalam setahunnya.

Executive General Manager Bandara Internasional Minangkabau Yos Sugiono mengatakan, salah satu alasan dilakukan peningkatan kapasitas terminal, yakni karena pertumbuhan penumpang pesawat yang cukup signifikan di Padang.

Pada tahun lalu, lanjut dia, jumlah penumpang pesawat di Padang sudah mencapai 4,13 juta penumpang.

“Selain itu, pengembangan terminal juga dilakukan sebagai upaya kami menggarap potensi pasar penerbangan yang terus tumbuh. Saat ini progres pengembangan sudah mencapai 60 persen,” ujar Yos dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/10/2019).

Yos menargetkan proyek pengembangan terminal Bandara Minangkabau bisa rampung pada awal 2020.

“Kami juga akan melakukan perancangan ulang tata letak atau relayout sehingga area tambahan yang ada bisa optimal digunakan untuk mendukung peningkatan pelayanan di terminal penerbangan internasional mau pun domestik,” kata Yos.

Saat ini luas terminal eksisting sebesar 400,46 hektare dan nantinya setelah pengembangan menjadi 438,84 hektare.

Seiring dengan pengembangan terminal penumpang pesawat, Angkasa Pura II juga memiliki rencana memperluas gudang kargo lebih dari dua kali lipat atau dari saat ini 1.583 meter persegi menjadi 3.677 meter persegi.

Tidak hanya itu, area parkir kendaraan bermotor juga diperluas dari eksisting 27.840 meter persegi menjadi 49.115 meter persegi.

“Seluruh fasilitas pendukung operasional bandara diperluas, mulai dari terminal penumpang, gudan kargo, sampai area parkir. Ini dilakukan demi pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat Padang dan Sumatera Barat secara keseluruhan,” ucap dia.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

Previous articlePerkuat NKRI, Kebun Merah Putih Gelar Kenduri Budaya
Next articleSengketa Lahan Taman BMW, PTTUN Menangkan Anies

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here