Kemenperin Tak Tahu Pepsi akan Hengkang dari RI

Pepsi
Pepsi

Jakarta, PONTAS.ID – Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Abdul Rochim mengaku belum mendengar kabar soal hengkangnya PepsiCo maupun AIBM dari Indonesia.

Namun demikian, pihaknya tak melarang jika Pepsi sewaktu-waktu akan mengakhiri kontrak di Indonesia.

Sebelumnya, Juru Bicara PepsiCO yang beredar di awak media, PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) dan PepsiCo Inc (PepsiCo) sepakat untuk mengakhiri kontrak.

“Belum ada laporan. Terkait perpanjangan kontrak Indofood dengan Pepsi, itu B to B (business to business),” kata Abdul di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Abdul sendiri belum bisa mengukur dampaknya terhadap industri minuman ringan di Indonesia. Meski begitu, ia mengatakan kompetitor Pepsi, yakni Coca-Cola baru saja mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

“Karena belum ada laporan, saya secara pasti belum tahu. Namun di sisi lain, ada juga yang melakukan investasi baru dan perluasan. Sebagai contoh, kemarin saya mewakili Pak Menteri meresmikan perluasan pabrik Coca-Cola di Kabupaten Pasuruan,” terang Abdul.

Sebelumnya, melalui pernyataan Juru Bicara PepsiCo, keputusan pemutusan kontrak tersebut efektif per 10 Oktober 2019.

“Efektif 10 Oktober, AIBM tidak akan lagi memproduksi, menjual atau mendistribusikan minuman untuk PepsiCo,” bunyi keterangan tersebut.

Selanjutnya, AIBM dan PepsiCo menyatakan telah memberi tahu pelanggan dan karyawan mereka terkait hal ini.

“PepsiCo berharap dapat kembali ke pasar Indonesia dengan merek minumannya yang terkenal termasuk Pepsi, Mirinda, 7UP dan Mtn Dew di masa depan,” bunyi keterangan lebih lanjut.

detikcom telah berupaya mengonfirmasi hal ini pada pihak Indofood, baik lewat pesan singkat dan telepon. Namun, hingga tulisan ini diterbitkan belum mendapat konfirmasi.

Adapun yang dikonfirmasi yakni Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franky Welirang. Lalu, Sekretaris Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Elly Putranti tapi pihaknya meminta agar menghubungi Sekretaris Perusahaan PT Indofood CB.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

Previous articlePKB Tunjuk Jaziul Fawaid Isi Posisi Wakil Ketua MPR
Next articleForbes Aceh Minta Pemilihan Ketua MPR Kedepankan Musyawarah Mufakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here