Semoga Kembalinya Jemaah Haji Mampu Buka Pintu Keberkahan

Medan, PONTAS. ID – Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur karena seluruh jemaah haji asal Kota Medan telah seluruhnya kembali  usai menunaikan Rukun Islam kelima, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menggelar acara syukuran sekaligus penyambutan di Gedung  Madinatul Hujjaj Asrama Haji Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (17/9/2019). Diharapakannya,  para  tamu Allah itu menjadi haji dan hajjah yang mabrur dan memiliki kelebihan kebaikan dalam dirinya masing-masing serta semakin meningkatkan rasa keimanannya kepada Allah SWT.

Acara penyambutan yang berlangsung khidmat dan penuh rasa kekeluargaan tersebut  turut dihadiri Ketua DPRD Medan Hasyim SE, unsur Forkopimda Kota Medan, Kepala Kantor Kemenag Kota Medan Drs pun Siregar, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, alim ulama, camat serta jemaah haji diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan doa yang dipimpin Ketua MUI Kota Medan Prof M Hatt

Sebagai ungkapan rasa syukur atas kepulangan para dhuyufurrahman (tamu Allah) tersebut, Wali Kota selanjutnya memberikan pulut berbalai secara simbolis kepada dua orang jemaah haji pria dan wanita mewakili seluruh jemaah haji. Sekedar memberitahukan, jumlah keseluruhan  jemaah haji asal Kota Medan yang menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 2.269 orang, sedangkan yang kembali ke Tanah Air 2.263 orang dengan perincian 5 orang meninggal dunia dan 1 orang lagi sampai saat ini  masih menjalani perawatan di rumah sakit di Kota Medinah, Arab Saudi karena penyakit yang dideritanya.

Usai memberikan pulut balai, giliran Wali Kota diberi sal dan  peci oleh Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Medan sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian orang nomor satu di Pemko Medan itu terhadap jemaah  haji. Selain ditepungtawari, Wali Kota juga ikut langsung melepas keberangkatan jemaah haji asal Kota Medan dan kembali menggelar syukuran dan penyambutan atas kepulangan para tamu Allah tersebut.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya mengatakan, para jemaah haji yang telah kembali dari Tanah Suci  merupakan satu diantara jutaan rakyat Indonesia yang beruntung karena telah mampu menjalani rangkaian ibadah haji dengan sempurna. “Besar harapan kita jamaah haji asal Indonesia, khususnya Kota Medan mampu menjadi haji dan hajjah yang mabrur. Sudah itu sekembalinya ke Tanah Air, kita harapkan mereka senantiasa dapat menjaga kemabruran haji dan hajjahnya tersebut,” kata Wali Kota.

Dengan kembalinya para jamaah haji tersebut, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu selanjutnya berharap dapat membuka semua pintu keberkahan bagi seluruh warga Kota Medan. Dengan demikian Kota Medan menjadi kota masa depan yang multikultural, religius, berdaya saing dan sejahtera.

Di kesempatan itu Wali Kota juga mengungkapkan, jumlah jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci meningkat hingga 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dikatakan Wali Kota, ada 3 penyakit yang menyebabkannya yakni sakit jantung, saluran pernafasan dan stroke.

“Pola hidup dan perilaku jemaah menjadi penyebab  terbesar ketiga penyakit tersebut. Meski begitu  mereka meninggal dunia dalam kondisi terbaik yang bisa kita impikan yaitu ketika tengah beribadah di Tanah Suci. Semoga Allah memberikan tempat terbaik dalam jannahnya kepada sauda-saudara kita yang telah mendahului kita,” ungkapnya.

Acara juga dirangkaikan dengan tausiah  yang disampaikan Al Ustadz Prof DR H Muzzakir MA. Sebelum acara dimulai, panitia melakukan pengutipan sumbangan dari para jemaah haji sebesar Rp.7 juta lebih. Hasil sumbangan itu selanjutnya ditambah dengan infak yang diperoleh saat berlangsungnya Dzikir dan Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H di Lapangan Merdeka beberapa lalu sehingga totalnya mencapai Rp15 juta lebih selanjutnya diserahkan untuk membantu pembangunan Masjid Agung Medan.(Aba)

Editor: Idul HM

Previous articleTolak Pukat Trawl, Ribuan Nelayan Asahan Geruduk DPRD
Next articleSekda Tangerang Ajak Semua Jaga Tumbuh Kembang Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here