Kereta Bisa Jadi Pesaing Maskapai Penerbangan

Kereta Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang.

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya akan menjadi pesaing bagi maskapai penerbangan.

“Nanti pada akhirnya akan terjadi persaingan antara kereta api dan pesawat udara. Karena kalau Surabaya-Jakarta sudah 5 jam nanti 3-4 tahun ke depan, akan sama waktu yang dipakai untuk naik pesawat terbang,” ujar Kalla di Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

Kalla pun lantas membandingkan waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan pesawat dan kereta api. Menurut Kalla, perbandingan waktu tempuh antar dua alat transportasi tersebut hampir sama.

“Anda ke Cengkareng 1 jam, ini dengan catatan tidak macet. Anda menunggu setengah jam atau 1 jam, sudah dua jam. Naik pesawat 1 jam, sudah 3 jam. Ambil barang setengah jam, ke rumah setengah jam, pas 5 jam. Tapi kalau naik kereta api juga 5 jam. Dari Gambir tiba di Pasar Turi 5 jam juga sama. Akan terjadi persaingan sistem lagi,” kata Kalla.

Dengan waktu tempuh yang hampir sama tersebut, Kalla menilai nantinya akan ada persaingan antara dua moda transportasi itu. Sehingga, nantinya persaingan tak terjadi antar maskapai penerbangan saja.

“Bukan lagi persaingan antara Garuda Citilink dengan Lion, tapi persaingan antara kereta api dengan pesawat. Dan semua akan memperbaiki sistem,” terang mantan Ketum Golkar itu.

Tak hanya kereta, nantinya juga para maskapai akan mendapat persaingan dari pengguna jalan tol. Sebab, sejak beroperasinya Tol Jakarta-Surabaya, bisa mengurangi waktu tempuh antar dua kota tersebut.

“Jalan tol bagus untuk mobil kalau muatan penyimpang minimal 4 orang. Tapi ketika hanya 1 orang dia gak salah naik kereta api. Semua akan jadi pilihan pilihan yang menarik apabila kita mempunyai sistem dan sarana yang baik,” tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Stevany

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here