Kapal Latih TNI AL KRI Bima Suci Lanjutkan Perjalanan ke Brunei

Shanghai, PONTAS.ID – Setelah mengunjungi beberapa negara sahabat seperti Filipina, Korsel, Jepang dan Cina (Shanghai), kini KRI Bima Suci sebagai kapal layar latih TNI AL dari jajaran Satuan Kapal Bantu Koarmada II, siap membentangkan layarnya menuju Negeri Petro Dollar, Brunei Darussalam.

Keberangkatan Bima Suci dilepas langsung oleh Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito, didampingi Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, serta para pejabat Angkatan Laut RRT dan Kedubes RI di Tiongkok.  Acara pelepasan berlangsung di Wusong Naval Port Shanghai, Minggu (8/9/2019).

Sejak tiba di Shanghai  beberapa waktu lalu, Komandan KRI Bima Suci selaku Dansatgas Kartika Jala Krida 2019 (KJK 2019) Letkol Laut (P) Waluyo, langsung melaksanakan sejumlah agenda kegiatan yang melibatkan Taruna dan Taruni AAL tingkat III Angkatan ke-66.

Adapun, agenda kegiatan antara lain menerima kunjungan silaturahmi beberapa pejabat kedutaan, segenap Pejabat Utama AAL dan Mabesal, seperti Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigjen TNI Kuat Budiman, Atase Laut KBRI Beijing Kolonel (Mar) Siswo Harsono, dan Chief Executive Officer of SNB SCAPT Yao Chun Yong.

Agenda lainnya yakni malam cocktail party yang digelar di geladak Bima Suci, dimana awak kapal bersama Taruna AAL mempersembahkan beberapa tarian khas daerah di Indonesia seperti Saman,  Rampak Gendang, Kecak,dan drama tari Rama Shinta.

Tak ketinggalan, suguhan aneka masakan nusantara yang menemani para tamu undangan. Selain itu juga ada kirab dan display Genderang Suling Gita Jala Taruna  AAL di The Bund,  yang mendapat apresiasi positif dari masyarakat Shanghai yang menyaksikan.

“Seluruh agenda kegiatan yang kita laksanakan selama berada di Shanghai tidak jauh berbeda dengan beberapa negara lain yang kita kunjungi sebelumnya. Semua tetap mengusung misi Maritime Fulcrum Brotherhood yang kita emban kali ini,  guna mengenalkan budaya Indonesia lebih luas, dan menjalin rasa persaudaraan yang erat dengan setiap negara yang kita kunjungi,” ujar Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut Waluyo.

Penulis: Abriyanto Mohammad

Editor: Riana

Previous articleJambore Anak Inklusi, Akhyar Ajak Orang Tua Penuhi Hak Anak
Next articleEkspor Bijih Nikel Dilarang, Ini Masukan Pengusaha untuk Pemerintah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here