Berlabuh di Thailand, ABK KRI Bung Tomo Pamer Tarian Tortor

Jakarta, PONTAS.ID – Komandan Latihan Sea Garuda 2019, Kolonel Laut Eko Wahjono menerima kunjungan delegasi Angkatan Laut Thailand atau Royal Thailand Navy (RTN) dipimpin Captain Samarn Khuthapong dalam acara Cocktail Party, di geladak KRI Bung Tomo- 357 yang sedang sandar di Pelabuhan Chuk Samet Thailand, Sabtu (17/8/2019).

Kedatangan para pejabat RTN tersebut disuguhi salah satunya tarian khas Batak, Tortor yang merupakan tarian gembira bagi masyarakat suku Batak di Sumatera Utara.

“Tentu saja sambutan ini membuat pejabat RTN terpukau dengan kostum, musik dan gerakan yang energik,” kata Komandan Latihan Sea Garuda 2019, Kolonel Laut Eko Wahjono, melalui keterangan tertulisnya.

Pada awal kedatangan rombongan, lanjut Eko, para pejabat RTN disambut dengan Tari Jaranan, sebuah tarian tradisional dari Jawa Timur. “Dalam acara Cocktail Party tersebut juga ditampilkan aneka tarian tradisional khas Indonesia,” imbuhnya.

Eko menambahkan, dalam cocktail party itu pihaknya sengaja menampilkan tarian khas Nusantara yang bersifat gembira dan penuh semangat, juga bertema persaudaraan.

“Hal ini bertujuan untuk mengenalkan lebih banyak budaya Indonesia kepada masyarakat Thailand, selain untuk mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Thailand melalui kesenian,“ ujar Eko.

Selanjutnya acara diteruskan dengan jamuan makan malam yang menyuguhkan aneka makanan khas Indonesia , serta persembahan Tari Saman dan Tari Perang yang dibawakan oleh ABK KRI Frans Kaiseipo -368.

Di akhir acara para tamu undangan yang hadir termasuk Captain Samarn Khuthapong dari (RTN), Athal Indonesia untuk Thailand Kolonel Marinir Heru, beserta anggota Satlat Sea Garuda 2019 lainnya dengan penuh kegembiraan dan suka cita menarikan Tari Gemufamire bersama-sama.

Penulis: Mohammad Abriyanto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here