Indef Sarankan Jokowi Pilih Milenial untuk Posisi Menpar-Kepala Bekraf

Ekonom Indef Bhima Yudhistira

Jakarta, PONTAS.ID – Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economis and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menyarankan kepada Presiden Jokowi memilih kaum milenial menduduki jabatan Menteri Pariwisata.

“Saya sarankan kepada Presiden Joko Widodo untuk membuat kementerian ekonomi digital karena di situ tempat yang sesuai bagi generasi milenial, atau sosok milenial bisa ditunjuk untuk mengisi posisi Menteri Pariwisata,” ujar Bhima di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Bhima beralasan bahwa sosok milenial cocok untuk mengisi posisi-posisi puncak seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif atau Menteri Pariwisata karena posisi-posisi itu harus diisi oleh sosok-sosok muda dan kreatif.

Selain itu generasi milenial juga dinilai sangat memahami tren gaya hidup dan pariwisata baik yang sedang berkembang maupun yang akan datang.

Ikuti Ritme Presiden

Sementara itu, Anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbahkun mengatakan, struktur kabinet terkait menteri muda tertuang dalam Undang-undang nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara dimana UU itu mengatur kedudukan, tugas pokok dan fungsi kementerian.

Namun, bagi Misbakhun, anak muda atau akrab disapa anak milenial yang akan menjadi menteri dalam pemerintahan Jokowi- Ma’ruf bukan hal mudah, karena menteri yang diinginkan Jokowi yakni bisa mengimbangi irama presiden bekerja.

Misbakhun bilang, selain mampu mengikuti ritme kerja Jokowi, menteri muda tersebut juga harus cepat tanggap terhadap situasi sosial yang berkembang di masyarakat luas.

“Dia harus menjadi orang pertama memberikan laporan kepada presiden. Nah yang seperti ini kan tentu semangatnya harus lebih muda. Sehingga akselerasi capaian kinerja pemerintahan bisa memenuhi target pada periode kedua Jokowi,” pungkas Misbakhun.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Hendrik JS

Previous articleBUMN Mendominasi, Menkeu: Investasi Asing Tak akan Masuk ke Indonesia
Next articleDPR Wacanakan Evaluasi Kinerja OJK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here