Pascapertemuan Jokowi-Prabowo, Investor tidak Lagi Wait and See

Jakarta, PONTAS.ID –¬†Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengapresiasi pertemuan politik antara presiden terpilih Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto untuk pertama kalinya pascagelaran pemilihan presiden 2019. Menurut Piter pertemuan tersebut akan berdampak sangat baik terhadap kondisi sosial politik termasuk perekonomian Indonesia.

Dengan berkurangnya hiruk pikuk politik tersebut, Piter menilai semua pihak bisa lebih fokus dalam membangun ekonomi, termasuk di kalangan investor. “Investor akan mengapresiasi perbaikan kondisi politik itu dan tidak lagi wait and see,” ucapnya di Jakarta Minggu (14/7/2019).

Kendati para investor bisa segera merealisasikan semua rencana investasi mereka yang selama ini tertunda, Piter mengatakan hal tersebut bukan berarti perekonomian Indonesia bisa melompat paska pertemuan Jokowi-Prabowo. Pasalnya, banyak kendala pertumbuhan ekonomi yang tidak otomatis terselesaikan paska pertemuan tersebut.

“Investor benar tidak akan wait and see lagi, tapi realisasi investasi masih bergantung sejauh mana bisa menghilangkan hambatan-hambatan investasi seperti permasalahan pembebasan lahan dan lainnya, termasuk masalah perizinan dan perburuhan,” terang Piter.

Lebih lanjut, Piter mengatakan bahwa pertemuan tersebut bisa memperbesar potensi pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, hal itu bergantung bagaimana pemerintah menindaklanjutinya dari sisi kemudahan berinvestasi. “Realisasinya bergantung kepada kebijakan dan tim ekonomi Presiden Jokowi yang baru nanti,” tuturnya.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here