Kejayaan Kerajaan Masa Lampau Jadi Inspirasi Festival Sriwijaya 2019

Jakarta, PONTAS.ID – Kejayaan Kerajaan Sriwijaya kuno pada masa lampau menjadi inspirasi penyelengaraan Festival Sriwijaya, yang berlangsung mulai 16 hingga 22 Juni 2019 di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Saat pembukaan Festival Sriwijaya 2019 di Palembang, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rizki Handayani mengatakan kejayaan Kerajaan Sriwijaya masa lalu menjadi inspirasi bagi Sumsel untuk meraih kembali keberhasilan itu.

“Penyelenggaraan Festival Sriwijaya sudah bisa disebut dewasa, artinya kualitas penyelenggaraannya dari tahun ke tahun harus lebih baik dan dikenal hingga mancanegara sehingga bisa mendatangkan wisatawan ke Palembang. Agar lebih berhasil, acara seperti ini harus didukung asosiasi pariwisata di Sumsel,” kata Rizki, Senin (17/6/2019).

Harapannya, lanjut Rizki, tahun depan tidak hanya Festival Sriwijaya, event lain di Sumsel masuk dalam Calender of Event (CoE) Nasional. Dan melalui festival inilah menjadi kesempatan diwujudkannya kolaborasi unsur pentahelix untuk memajukan pariwisata Sumsel.

Terlebih potensi Sungai Musi sudah sangat terkenal dan harus dioptimalkan. Potensi ekowisata di sepanjang Sungai Musi mulai hulu bisa menarik wisatawan, dan ini memerlukan sinergi dari kabupaten yang dilalui untuk mengemas pengembangan wisata dan meningkatkan kualitas 3A (Akses, Amenitas, dan Atraksi).

“Aksesibilitas ke Sumsel juga sudah sangat baik, amenitas sudah memadai. Apalagi Stadion Jakabaring yang dibangun dengan biaya besar harus dioptimalkan. Hanya atraksinya harus terus ditambah termasuk melalui Festival Sriwijaya ini,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan bahwa tema Festival kali ini adalah ‘Sriwijaya bangkit maju bersama’ yang didasari keragaman budaya Sumsel.

“Perpaduan budaya asli maupun pendatang diharapkan mendorong Sumsel semakin maju dalam keragaman budaya,” katanya.

Ketua Tim Pelaksana Top 100 CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuti pun mengungkapkan bahwa event Sriwijaya Festival mulai tahun ini masuk dalam satu dari 100 CoE.

“Kami mendukung upaya untuk menarik wisatawan di antaranya melalui event. Apalagi event yang punya potensi budaya, kuliner, dan heritage termasuk juga wisata alam dan buatan,” ungkap Esthy.

Selain itu Palembang sudah mendunia karena berhasil menyelenggarakan event olahraga Asian Games 2018, dengan memiliki Jakabaring Sport City yang berstandar internasional.

“Palembang yang telah menjadi destinasi wisata olahraga akan memiliki pasar wisman lebih luas, hingga Eropa. Sedangkan untuk potensi alam, budaya, bahari, pasar wismannya bisa diambil dari ASEAN,” tukas dia.

Penulis: Risman Septian
Editor: Idul HM

Previous articleRumah Situmorang Ludes Terbakar, Aroma Sakit Hati Merebak
Next articleMPR: Konsolidasi Parpol Pasca Pemilu 2019 untuk Penguatan Parlemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here