Pascabanjir, Warga Kotabaru Kekurangan Air Bersih

Jakarta, PONTAS.ID – Pascabanjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kotabaru, ribuan warga setempat kesulitan mendapat air bersih menyusul jebolnya embung Tirawan yang merupakan sumber pasokan air bersih PDAM Kotabaru.

Untuk mengatasi masalah pasokan air bersih ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PDAM Kotabaru menyalurkan air bersih melalui mobil tangki kepada warga sejumlah desa terdampak bencana.

“Sementara BPBD bersama PDAM menyalurkan air bersih melalui truk tangki, menunggu perbaikan jaringan perpipaan dan embung yang jebol akibat banjir,” ungkap Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin Ujud, Selasa (11/6/2019).

Setiap hari, BPBD Kotabaru menyalurkan dua unit mobil tangki air bersih kepada warga korban bencana ditambah pasokan air bersih dari PDAM setempat. Pasokan air bersih menggunakan mobil tangki ini akan terus dilakukan sampai perbaikan embung (intake) pengolahan air Tirawan dan selesainya perbaikan jaringan perpipaan

Banjir di Kabupaten Kotabaru melanda sejumlah desa antara lain Desa Baharu, Desa Teluk Gosong, Desa Stagen, Desa Gunung Sari dan Desa Sungup Kanan. Diperkirakan 5.000 warga kesulitan air bersih.

Selain Kotabaru bencana banjir juga melanda beberapa kecamatan seperti Kuranji, Mentewe dan Sungai Kusan di Kabupaten Tanah Bumbu serta Kecamatan Kintab Kabupaten Tanah Laut. Di wilayah ini banjir merendam ratusan rumah warga.

“Bantuan tanggap darurat untuk korban bencana sudah disalurkan, demikian juga upaya perbaikan sarana seperti jalan yang tertimbun longsor juga telah B dilakukan,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau warga untuk mewaspadai ancaman cuaca buruk di perairan, berupa badai dan gelombang tinggi. Saat ini hujan deras masih terus mengguyur sebagian wilayah Kalsel. Di Banjarmasin, hujan menyebabkan jalan dan permukiman warga terendam akibat buruknya saluran drainase kota.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyebut salah satu upaya mengatasi banjir adalah memerangi sampah terutama kebiasaan warga membuang sampah ke sungai.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here