Kemenpar Ajak Masyarakat Kawasan Danau Toba Sadar Wisata

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengajak masyarakat kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) sebagai destinasi super prioritas pariwisata Indonesia, untuk bersama-sama aktif dan peduli terhadap lingkungan sekitar melalui gerakan sadar wisata.

Saat Kegiatan Gerakan Sadar Wisata di destinasi The Kaldera, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut, Kepala Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kemenpar, Ambar Rukmi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar masyarakat yang bermukim di kawasan destinasi wisata bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan.

“Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang sadar wisata, juga untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan sekaligus mengambil manfaat dari kegiatan kepariwisataan khususnya di destinasi prioritas Toba, dengan menerapkan Sapta Pesona,” kata Ambar dalam siaran pers Kemenpar, Jumat (17/5/2019).

Dia juga menyebut saat ini kawasan sekitar Danau Toba sedang giat-giatnya mengembangkan sektor untuk menciptakan peluang, termasuk peluang kerja bagi masyarakat dan diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Selama ini banyak masyarakat yang belum sepenuhnya sadar bahwa pariwisata itu bisa mendatangkan kesejahteraan,” ujarnya.

Ambar menambahkan, bahwa kegiatan ini didedikasikan khusus kepada masyarakat agar bisa memiliki jiwa dan semangat membangun pariwisata. Mereka sekaligus diharapkan menjadi sumber daya manusia yang memiliki karakter dan sikap baik.

“Di samping juga memiliki karakter dan mental berwawasan pariwisata dalam mendukung pengembangan kawasan Danau Toba menuju destinasi berstandar dunia,” tutur dia.

Pada kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Tobasa Audy Murphy Sitorus, Perwakilan Badan Otorita Danau Toba (BODT) M Rommy Fauzi, dan Sekjen Bank Sampah Indonesia Wilda Yanti.

Penulis: Risman Septian
Editor: Idul HM

Previous articleDPRD Asahan Sahkan Ranperda Pelaksanaan APBD 2018
Next articlePenyegaran Birokrasi, Sekda Kota Medan Lantik 50 Pejabat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here