KPU Serahkan Temuan C1 di Menteng Ke Bawaslu

Jakarta, PONTAS.ID – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan pihaknya memberikan kesempatan ke Bawaslu untuk menangani dan mendalami temuan formulir C1 di Menteng, Jakarta Pusat. Bawaslu nantinya akan mengidentifikasi keaslian formulir C1 tersebut.

“Kalau menurut saya hal itu sedang ditangani Bawaslu. Kami beri kesempatan Bawaslu untuk bekerja mengidentifikasi apakah dokumen C1 yang ditemukan itu asli atau C1 palsu. Maka belum ada (kesimpulan) soal C1 asli atau palsu,” ujar Wahyu di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Wahyu menegaskan bahwa formulir C1 bukanlah dokumen rahasia, semua formulir C1 bisa diakses oleh siapapun. Formulir C1 bisa didokumentasikan dan setiap orang bisa memiliki salinannya.

“Yang perlu diketahui adalah C1 bukan merupakan dokumen rahasia. Sehingga C1 bisa diakses siapapun. Siapapun boleh mendokumentasikan C1. Tetapi C1 yang ditemukan itu asli atau palsu, nah itu soal lain,” pungkas Wahyu.

Sebelumnya, Bawaslu DKI Jakarta membenarkan adanya dua kotak suara berisi formulir C1. Dua kotak berisi formulir C1 asal Boyolali ditemukan di sebuah mobil di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/5) sekitar pukul 10.30 WIB. Penemuan tersebut terjadi saat Polres Jakpus menggelar operasi lalu-lintas dan menemukan dua kota tersebut dalam sebuah mobil.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleSelisih 79 Ribu lebih Suara, Prabowo-Sandi Jawara di Asahan
Next articleKemenpar Ingin Labuan Bajo Terapkan Manajemen Pengunjung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here