Peringati May Day, FPBI Tuntut Kesejahteraan Buruh

Asahan, PONTAS.ID – Peringatan hari buruh internasional di Kabupaten Asahan diwarnai dengan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan para buruh yang tergabung dalam Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI), Rabu (1/5/2019).

Kelompok buruh ini bergabung dari 3 perusahaan yakni PT. Argindo Indah Persada, PT. Sawita Inter Perkasa, dan PT. Prima Palem Latek Industri. Para buruh menuntut kesejahteraan yang dirasa belum dipenuhi oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

Dalam menyuarakan aspirasinya massa FPBI memilih tempat d iseputaran Tugu Perjuangan yang berada di Jalan Imam Bonjol Kisaran dan di depan kantor Bupati Asahan.

Sekitar pukul 10.00 WIB konsentrasi massa sudah terlihat di seputaran Tugu Perjuangan dan langsung melakukan orasi.

Kusno selaku pimpinan aksi mengatakan masih banyak hak-hak buruh yang belum dipenuhi oleh perusahaan. Permasalahan-permasalahan itu antara lain yang berkaitan dengan upah tenaga kerja yang masih di bawah UMP/UMK, upah lembur yang tidak dibayar, status karyawan yang tidak jelas, dan juga cuti tahunan dan melahirkan.

“Di hari buruh internasional ini kami bersama menyuarakan berbagai permasalahan yang menyangkut tentang kesejahteraan buruh,” tegas Kusno dalam orasinya.

Kusno juga berharap Pemkab Asahan ataupun instansi terkait bisa memperjuangkan nasib para buruh agar bisa mendapatkan kesejahteraan dan juga terpenuhi hak-haknya sebagai buruh.

“Masih banyak perusahaan yang belum melaksanakan kewajibannya dalam memenuhi hak-hak pekerjanya,” ujar Kusno.

Sekitar pukul 10.50 massa bergerak ke depan Kantor Bupati Asahan untuk kembali menyuarakan aspirasinya, tak berselang lama atau lebih kurang 30 menit massapun kemudian membubarkan diri dengan tertib.

Selama melakukan aksi unjuk rasa damainya massa FPBI mendapatan pengamanan dari aparat Kepolisian Polres Asahan.

Penulis: Bayu Kurnia Jaya
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleHadiri Hari Buruh, Media Kembali Sasaran Prabowo
Next articleGasak Liverpool. Barcelona Selangkah ke Final Liga Champions

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here