Soal Tuntutan Buruh di Hari May Day, Ini Kata Komisi IX DPR

Nurhadi
Nurhadi

Jakarta, PONTAS.ID – Peringatan Hari Buruh dilakukan 1 Mei kemarin oleh sejumlah elemen buruh menuntut dua hal yakni tolak upah murah dan hapuskan UU Cipta Kerja dianggap memberatkan buruh selama ini.

Merespon hal tersebut, Anggota Komisi IX DPR Nurhadi mengklaim dirinya sejalan dengan permintaan teman-teman buruh terkait tolak upah murah dan juga PHK secara sepihak.

“Secara prinsip saya selaku anggota Komisi IX DPR menghormati pandangan teman-teman Serikat buruh atas aspirasi untuk mendorong pencabutan Undang Undang Cipta Kerja dan menolak upah murah,” kata Nurhadi, Kamis (2/5/2024).

Politikus Partai NasDem ini menjelaskan, Undang Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja setelah diuji di Mahkamah Konstitusi sudah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan dari terbitnya Perpu No 2 tahun 2022 hingga terbitnya Undang Undang Cipta Kerja no 6 tahun 2023 beserta perubahan aturan turunannya,artinya tinggal nanti dilihat implementasi di lapangan sejauhmana. Namun, bila masih terdapat penerapan yang salah pihaknya siap menampung aspirasi teman-teman Serikat buruh untuk melaporkan kepada Komisi IX DPR sebagai Mitra Kementrian tenaga Kerja

“Menurut saya yang perlu ditekankan saat ini adalah bagaimana upaya pemerintah dalam menekan inflasi, kurs mata uang rupiah terhadap dollar, hingga harga-harga kebutuhan dasar masyarakat harus stabil agar biaya hidup tidak naik,” ujarnya.

Lebih lanjut Nurhadi menyambung soal upah murah itu memang harus di lawan, karena ini bukan lagi penghormatan bagi teman teman buruh, namun disisi lain upah murah terjadi karena buruh dianggap tidak memiliki kompetensi. “Jadi perlawanan upah murah menurut saya di mulai dengan meningkatkan kompetensi seorang buruh atau pekerja,” tegas legislator dapil Jatim VI meliputi Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kota Blitar, dan Kota Kediri ini.

 

Previous articleKetua MPR Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit
Next articleDunia Islam Diharapkan Dukung Aksi Solidaritas Pro Palestina Mahasiswa di AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here