Bawa Bantuan 34 M, Amran Klaim Tingkatkan Produksi Pangan

Jakarta, PONTAS.ID – Sebanyak 15 ribu peserta dari empat kabupaten yakni Kabupaten Pangkep, Barru, Maros dan Pare-Pare  mengikuti pertemuan Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019 di Lapangan Andi Mappe, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Selasa (9/4/2019).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan langsung. Mentan memberikan bantuan kepada petani senilai Rp 34,54 miliar. Mentan Amran pun melepas ekspor umbi porong 50 ton ke Vietnam dan palm kernel sebanyak 313 ton senilai Rp 804 juta ke Malaysia.

“Kami bawa bantuan hari ini untuk meningkatkan produksi pangan sekaligus menurunkan angka kemiskinan. Kami datang bukan bawa janji, tapi bawa bantuan,” demikian dikemukakan Mentan Amran dihadapan petani melalui keterangan tertulis yang diterima PONTAS.id di Jakarta, Selasa (09/4/2019).

Amran menyebutkan selama tahun 2014 sampai dengan hari ini, pemerintah telah menggelontorkan bantuan sektor pertanian dan pedesaan di Provinsi Sulawesi Selatan senilai Rp 15 triliun. Bantuan tersebut di antaranya pembangunan bendungan senilai Rp 3 triliun, irigasi tersier termasuk di Kabupaten Pangkep seluas 350 ribu ha yang terbesar sepanjang sejarah, alat mesin pertanian, ternak, dan pendampingan petani.

“Saya pertaruhkan jiwa raga untuk kemajuan Sulawesi Selatan. Jadi ada bantuan di era pemerintahan Jokowi-JK yang bisa kita lihat. Irigasi dibangun gratis untuk petani Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Amran menegaskan komitmennya selama ditakdirkan menjadi menteri pertanian yakni dengan menjalankan kebijakan strategis. Yakni, bersama pihak kepolisian, mafia tidak diberikan diruang di Kementan. Di pemerintahan Jokowi-JK terdapat 786 mafia pangan, kemudian diproses hukum sehingga masuk menjadi tersangka sebanyak 409.

“Khusus Mafia pangan ini, kami tindak tidak ada kompromi yang mempermainkan ekspor, impor, harga, dan nasib rakyat terkecil karena itu perintah Bapak Presiden Jokowi,” tegasnya.

PONTAS.id mencoba mengklarifikasi terkait bantuan 34,54 miliar yang dibawa menteri Pertanian Amran Sulaiman diberikan dalam bentuk apa kepada Kepala Bagian Humas Kementerian pertanian.  Tetapi hingga berita ini terbit belum mendapat jawapan.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

Previous articleSapa Ribuan Buruh, Jokowi Janji Revisi PP tentang Pengupahan
Next articleCSIS Merangsek Bisnis Pergudangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here