Usut Amplop ‘Serangan Fajar’, DPR Minta KPK Kerjasama dengan Bawaslu

Fahri Hamzah usai nonton debat capres kedua

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, bekerja sama dengan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) untuk menginvestigasi ‘cap jempol’ pada amplop ‘serangan fajar’ anggota DPR dari F-PG, Bowo Sidik Pangarso. Merupakan salah satu barang bukti yang disita KPK dalam perkara suap yang menjerat politisi Partai Golkar tersebut.

“Harusnya KPK bekerja sama dengan Bawaslu sekarang, karena dugaan itu sangat membuat orang tuh bertanya. Nah, itu nanti jadi tugas dari Bawaslu untuk menginvestigasi,” kata Fahri Kamis (4/4/2019).

Fahri menyarankan kerjasama KPK dengan Bawaslu ini karena dirinya menduga adanya modus-modus ‘serangan fajar’ lainnya yang belum terungkap. Untuk itulah meminta Bawaslu proaktif merespons hal tersebut.

“Ini kan yang tertangkap. Jangan-jangan amplop begitu banyak di tempat lain, dan itu kan modusnya mudah dilacak. Maka Bawaslu harus mengambil langkah cepat supaya, paling tidak, ini cukup menjadi satu peristiwa yang tidak ada peristiwa lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya, ‘cap jempol’ disampaikan KPK berada pada amplop yang dibongkarnya dalam 3 dari 84 kotakan kardus yang disita komisi antirasuah dalam perkara Bowo Sidik Pangarso.

Namun, KPK tidak merinci bagaimana bentuk ‘cap jempol’ itu, tetapi meyakini sejauh ini bila amplop berisi uang itu terkait pencalonan diri Bowo sebagai anggota legislatif.

Dalam amplop-amplop itu terdapat uang pecahan Rp 20 ribu dan/atau Rp 50 ribu. Total ada 400 ribu amplop yang nilai totalnya sekitar Rp8 miliar.

Duit itu diduga KPK sebagai suap dan gratifikasi yang diterima Bowo. Salah satu bagian suap yang diterima Bowo disebut KPK berasal dari Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

Previous articleIndonesia-Korea Selatan Teken MoU Tingkatkan Fasilitasi Ekspor Impor
Next articlePerkuat Budaya Bangsa, Pemkot Tebingtinggi Libatkan Milenial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here