Temui Wali Kota Medan, Dubes Prancis Jajaki Kerjasama

Wali Kota Medan  T Dzulmi Eldin  saat menerima Dubes Prancis untuk Indonesia  Jean Charles Berthonnet, di Balai Kota Medan, Rabu (13/3/2019)

Medan, PONTAS.ID – Investor Prancis tertarik berinvestasi di Kota Medan khususnya di bidang sarana dan prasarana. Sebab, banyak potensi yang dimiliki ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini DAPAT dikembangkan dan dikerjasamakan sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia  Jean Charles Berthonnet ketika MENEMUI  Wali Kota Medan  T Dzulmi Eldin  di Balai Kota Medan, Rabu (13/3/2019).

“Kami sangat mengharapkan kepada Bapak Wali Kota untuk memaparkan proyek-proyek apa saja yang bisa dikerjasamakan. Itu sebabnya dalam kunjungan ini, saya sengaja membawa delegasi dari bidang pelayanan ekonomi dan perusahaan,” kata Jean Charles.

Selain menawarkan kerjasama, Jean Charles juga  meminta dukungan Wali Kota dalam pengembangan Lembaga Bahasa Prancis agar banyak warga Medan yang belajar bahasa Prancis.

Menanggapi hal ini, Wali Kota mengapresiasi kunjungan tersebut dan menilai pertemuan itu menjadi momen positif untuk percepatan pembangunan yang tengah dilakukan Pemkot Medan. Selain bidang industri, Wali Koya juga menyampaikan rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) yang tujuannya mengatasi persoalan lalu lintas.

Terkait rencana pengembangan RSUD dr. Pirngadi untuk menekan jumlah pasien berobat ke luar negeri juga disampaikan Wali Kota dalam pertemuan ini.

“Pemkot Medan bersama Pemerintah Provinsi Sumut juga tengah menrencanakan pembangunan tol dalam kota dalam bentuk tol layang dan konstruksinya akan melintasi bantaran sungai sehingga meminimilisir biaya pembangunan,” terangnya.

Wali Kota juga mengharapkan agar pemerintah Prancis mau bekerjasama untuk pembangunan perusahaan pengolahan air bersih. Sebab, PDAM Tirtanadi yang ada saat ini dikelola  oleh Pemerintah Provinsi Sumut.

“Dari pemaparan yang saya sampaikan ini, kiranya pemerintah Prancis sudah dapat melihat proyek mana saja yang bisa untuk dikerjasamakan” pungkasnya.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here