Antisipasi Arus Balik Tahun Baru, Jasa Marga Siapkan 11 Langkah

Ilustrasi lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Cikampek

Jakarta, PONTAS.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi terjadi peningkatan volume lalulintas arus balik yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Jakarta sebanyak 95.000 kendaraan, atau meningkat 76 persen dari lalin normal yaitu 53.849 kendaraan.

“Menghadapi arus balik libur Tahun baru yang diprediksi akan terjadi hari ini, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi,” ungkap Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Irra Susiyanti dalam keterangan resminya, Selasa (1/1/2019).

Peningkatan signifikan lalin juga diprediksi terjadi di GT Ciawi 2 (arah Jakarta), yaitu sebanyak 44.614 kendaraan, atau meningkat 112 persen dari lalin harian normal sebesar 21.089 kendaraan, “Serta peningkatan volume lalin di GT Pasteur arah Jakarta 34,69 persen yaitu sebanyak 36.606 kendaraan, dari volume lalin normal sebesar 27.177 kendaraan,” imbuhnya.

Menghadapi arus balik libur Tahun baru tersebut, Jasa Marga kata Irra telah menyiapkan sejumlah strategi:

  1. Optimalisasi gardu operasi di gerbang tol
  2. Penggunaan gardu reversible untuk mengurangi antrean di gerbang tol
  3. Pemanfaatan mobile reader
  4. Melayani pembelian dan top up uang elektronik di beberapa gerbang tol dan rest area
  5. Menambah personil untuk perbantuan tapping uang elektronik
  6. Bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk melakukan Contra Flow dan distribusi beban lalulintas jika dibutuhkan, serta penertiban pembatasan operasi angkutan barang sesuai Keputusan Menteri Perhubungan
  7. Mempercepat penanganan gangguan
  8. Menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan
  9. Khusus untuk di Jalan Tol Jagorawi, Melakukan kanalisasi pada akses setelah GT Cibubur 2 untuk mengantisipasi crossing dan perlambatan kendaraan pengguna jalan dari arah Puncak (saat one way turun diberlakukan)
  10. Sedangkan khusus untuk GT Cikarang Utama, jika terjadi antrean dan atas diskresi Kepolisian, lalin akan dialihkan ke GT Cikarang Barat untuk kemudian masuk kembali melalui Kanal GT Cikarang Utama
  11. Selain itu, Jasa Marga melakukan zoning rest area untuk memudahkan pengguna jalan sesuai dengan kebutuhannya dan penyiapin Rest Area Monitoring System yang menginformasikan ketersediaan parkir di rest area tersebut.

Jasa Marga lanjut Irra, juga mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanannya untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

“Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa,” pungkas Irra.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

Previous articleSepanjang 2018 Layanan Angkasa Pura II Tembus 115 Juta Penumpang
Next articlePenerimaan Negara Capai Target 100 Persen, Sri Mulyani Ucap Syukur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here