Wujudkan Energi Berkeadilan, Jonan Bagikan LTSHE untuk Warga Nias

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk warga masyarakat Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Pulau Nias, Kamis (6/12/2018).

Dalam kesempatan itu Jonan mengatakan bahwa pembagian LTSHE tersebut dalam rangka mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai daerah yang terisolir dan sulit dijangkau oleh jaringan listrik PLN, Pulau Nias akan mendapatkan distribusi dan pemasangan LTSHE sebanyak 1.360 unit, yang tersebar pada 21 desa di 5 kabupaten.

“Program pemasangan LTSHE, itu jumlahnya 1.300 lebih rumah, seperti dilaporkan, ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasinya 51-52 persen, jadi kalau ditambah 1.300 lebih ini akan naik elektrifikasinya menjadi 64-65 persen, lumayan ini,” kata Jonan.

Program LTSHE pada tahun 2018 akan dilaksanakan di 16 provinsi, dengan total jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar 600 miliar rupiah.

Jonan juga mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk ikut aktif mendukung target pemerintah pusat dalam mengejar rasio elektrifikasi 100 persen pada 2019, sehingga seluruh daerah terlistriki.

“Begini, ini tolong yang wakil-wakil dari kabupaten lain, juga Pak Bupati, kalau kurang tolong kirim surat, nanti kita isi lagi tahun depan, karena target pemerintah tahun depan itu rasio elektrifikasinya 100 persen. Kita coba pak,” ujar Jonan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin Muhammad yang turut hadir dalam kunjungan kerja ini menyampaikan bahwa pemasangan LTSHE di Nias Utara sudah 90 persen terpasang dan terdapat service center yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana penggunaan dan perawatan LTSHE tersebut.

Turut hadir dalam kunjungan kerja ini Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Nias Utara, serta Pemerintah Daerah setempat.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here