Langkah Mentan Optimalkan Rawa jadi Lahan Pertanian Produktif

Lahan Sawah/ Pertanian.
Jakarta, PONTAS.ID -Pengembangan rawa sebagai lahan pertanian produktif guna menjamin ketahanan pangan menjadi program pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan).
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengaku sudah memiliki sejumlah strategi untuk mengoptimalkan rawa menjadi lahan pertanian produktif. Misalnya dengan membagikan benih tanaman gratis. Kementan telah menyediakan sedikitnya 10 ribu kg benih padi untuk alokasi 200 hektare rawa lebak. Dengan kata lain, setiap satu hektare, Amran akan membagikan gratis 50 kg benih padi.
Amran berencana akan mengembangkan ternak itik berupa bebek dan ayam serta ikan di rawa lebak tadi. Sebanyak 200 ekor itik dan 10 ribu ekor ikan siap diberikan. “Ini adalah mimpi kami yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu,” kata Amran di Gedung Kementan, Kawasan Ragunan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).
Langkah lainnya, Kata Amran adalah mengajak 1.000 pensiunan Kementan untuk mengelola lahan rawa. Untuk urusan ini, Amran meminta agar para pensiunan Kementan tersebut membentuk semacam koperasi.
“Ini nanti di bawah petani. Tapi kita buatkan lembaga ini punya manajemen sendiri. Jadi koperasi yang dikoorporasikan,” imbuhnya.
Dia berharap kalangan pensiunan Kementan bisa ikut berpartisipasi untuk mengelola lahan rawa tersebut. Sebab, menurutnya, pensiunan memiliki banyak pengalaman di dunia pertanian.
“Yang menjadi pendamping di lapangan, manajer itu adalah purna bakti, yang pensiunan dari pertanian sehingga ini ilmu tidak diragunakan lagi karena sudah ahli mengangkat produksi. Ini ada 1.000 lebih yang mau pensiun,” ungkapnya.
Sementara itu, ia mengungkapkan luas lahan rawa yang akan dikelola di tahun ini ada sebanyak 10 juta hektare. Lahan tersebut terdapat di delapan daerah di Indonesia.
“Ada 10 juta hektar. Itu untuk pertanian ada di Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Lampung,” tutup Amran.
Editor: Idul HM
Previous articleTaufik Desak PKS Segera Ajukan Nama Calon Wagub DKI
Next articleLindungi Nuril, LPSK Dorong Revisi UU ITE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here