Piala AFF 2018, Thailand Bungkam Indonesia 4-2

Jakarta, PONTAS.ID – Pil pahit harus diterima Timnas Indonesia saat dijamu oleh Timnas Thailand pada laga ketiga fase Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Pasalnya, mereka harus menelan kekalahan dengan skor 2-4 dari tuan rumah timnas Thailand.

Timnas Indonesia sebenarnya sempat unggul dengan skor 1-0 lebih awal. Namun Thailand ternyata mampu membalas empat gol, yang lalu Timnas Indonesia memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit akhir.

Ini merupakan kekalahan kedua timnas Indonesia pada fase grup dari tiga laga yang sudah dimainkan. Sebelumnya mereka juga kalah 0-1 dari tuan rumah timnas Singapura pada laga perdana

Di awal pertandingan pasukan yang diasuh oleh Bima Sakti itu nampak memulai laga dengan percaya diri dan nyaman memainkan bola. Beberapa peluang pun berhasil diciptakan seperti upaya yang dilakukan Zulfiandi dengan melepas tendangan percobaan, tapi sayang masih melenceng.

Stefano Lilipaly hampir membuka keunggulan Timnas Indonesia saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Thailand. Sayang tendangan Lilipaly masih bisa diselamatkan Sivaruck Tedsungnoen pada menit ke-27.

Serangan bertubi-tubi akhirnya membuahkan hasil, dengan keberhasilan Zulfiandi membobol gawang Thailand. Melalui skema sepakan pojok, Evan Dimas mengirim operan ke Zulfiandi yang kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak dan merobek gawang Thailand pada menit ke-29. 1-0 timnas Indonesia memimpin.

Tak mau tertinggal di kandang sendiri, Thailand mencoba mengejar ketertinggalan. Tanaboon Kesarat melepaskan tendangan jarak jauh keras yang bisa ditepis Awan Setho.

Tepisan itu membuat Thailand mendapat sepak pojok, Korakod Wiriyaudomsiri melepaskan tendangan langsung mengarah ke gawang sekaligus menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-38.

Kapten Thailand, Chalermpong Kerdkaew membalikan keadaan dengan mencetak gol kedua timnya dan membuat skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-45+2.

Thailand mencetak gol ketiganya melalui penyerangnya Adisak Kraisorn pada menit ke-65. 3-1 Thailand memimpin. Gol ini berawal dari kesalahan Awan Setho yang gagal membuang bola dengan baik sehingga berhasil dikuasai pemain Thailand.

Tuan rumah kembali menghukum kesalahan pemain Indonesia dengan mencetak gol keempat pada menit ke-74. Skor menjadi 4-1 untuk Thailand. Gol ini berawal dari kesalahan Zulfiandi yang gagal mengirim operan dengan kepala dengan sempurna sehingga bola direbut pemain Thailand.

Timnas Indonesia akhirnya memperkecil ketertinggalan dengan gol yang dicetak Fachruddin Aryanto. Bek Madura United itu sukses menyambut umpan tendangan sudut dari Riko Simanjuntak pada menit ke-89. Skor menjadi 4-2, tetap untuk keunggulan Thailand.

Susunan Pemain

Timnas Thailand: 23-Sivaruck Tedsungnoen; 13-Philip Roller, 6-Pansa Hemviboon, 4-Chalermpong Kerdkaew, 24-Korakod Wiriyaudomsiri; 8-Thitipan Puangchan, 17-Tanaboon Kesarat (Sumanya Purisai 85′); 29-Wichaya Dechmitr, 11-Mongkol Tosakai (Pokklaw Anan 45′), 9-Adisak Kraisorn, 14-Nurul Sriyarngem (Supachai Jaided 68′)

Pelatih: Milovan Rajevac

Timnas Indonesia: 12-Awan Setho; 2-I Putu Gede, 16-Fachruddin Aryanto, 23 Hansamu Yama, 3-Alfath Fathier; 4-Zulfiandi (Bayu Pradana 75′), 10-Stefano Lilipaly, 6-Evan Dimas, 25-Riko Simanjuntak, 9-Alberto Goncalves (Dedik Setiawan 86′), 21-Andik Vermansah (Febri Hariyadi 42′)

Pelatih: Bima Sakti

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here