Bangun Pusat Informasi Terpadu, Pemkab Sergai Siapkan ‘Satu Data Sergai’

Kadis Kominfo Sergai, Ikhsan ketika memberikan keterangan dalam acara sosialisasi program Satu Data Sergai

Sergai, PONTAS.ID – Data merupakan kumpulan informasi atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau pencarian sumber tertentu. Sebuah informasi yang akan diberikan atau diterima merupakan hasil dari pengolahan data.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Ikhsan, dalam acara sosialisasi Pengembangan Proyek Perubahan “Satu Data Sergai”, di hadapan Kepala dan perwakilan Organisasi Perangkat daerah (OPD).

“Pada era modern ini suatu data menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan, dan pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya informasi,” jelas  Ikhsan, di Aula Bappeda Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (15/11/2018).

Menurut Ikhsan, teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat, pemanfaatannya juga tidak hanya sebatas kebutuhan untuk berkomunikasi tetapi juga dapat menjadi alat bantu dalam banyak hal dengan penekanan pada efisiensi dan efektif.

Atas dasar itu, Dinas Kominfo Sergai membutuhkan suatu aplikasi/program yang dapat menyajikan data pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, “Sehingga dapat diakses seluruh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Aplikasi tersebut dinamakan dengan Satu Data Sergai,” imbuhnya.

Tujuan pengembangan Satu Data Sergai, kata Ikhsan adalah untuk mengembangkan aplikasi data pembangunan yang bersumber dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sergai, serta menjadi rujukan data dan informasi yang akurat bagi masyarakat. Kemudian sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Sergai yang nantinya akan diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

“Hal ini sangat penting bagi Kabupaten Sergai mengingat saat ini Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Induk Deli Serdang belum mempunyai sumber data dari satu pintu,” terangnya.

Mengingat rumitnya persoalan data yang kini menjadi permasalahan sangat krusial, Kadis Kominfo berharap kepada seluruh OPD agar mendukung secara aktif demi kemajuan aplikasi yang tengah digagas, “Sehingga di Kabupaten Sergai memiliki pusat data yang relevan kesesuaian datanya serta bersumber dari satu pintu,” pungkas Ikhsan.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here