Kemenpar Ingatkan Danau Toba Sudah Bisa Direct Flight

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani (tengah). (dok. Kemenpar)

Jakarta, PONTAS.ID – Pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengingatkan kepada masyarakat, bagi siapa saja yang hendak berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), kini sudah tersedia direct flight atau penerbangan langsung.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan bahwa direct flight tersebut sudah bisa diakses melalui bandara di beberapa kota, salah satunya yakni dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

“Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui, bila ke Danau Toba saat ini sudah bisa langsung tanpa harus ke Medan (Kuala Namu) lebih dulu. Total ada 5 penerbangan yang langsung ke Silangit,” kata Ni Wayan dalam siaran pers Kemenpar, Senin (5/11/2018).

Dia pun mengaku sudah mengingatkan hal tersebut dalam acara Car Free Day (CFD) Pesona Danau Toba, Minggu (4/11/2018) kemarin yang berlangsung di Park and Ride, Jalan MH Thamrin Jakarta berjalan. Acara itu dinilainya berjalan sukses dan meriah.

“CFD merupakan momentum yang efektif untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu 10 Destinasi Prioritas Pariwisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Karena saat CFD, ribuan orang hadir di jalan protokol ini,” ujarnya.

Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo juga menambahkan bahwa pada saat ini akses penerbangan langsung, baik di dalam negeri ataupun internasional, menjadi elemen vital bagi perkembangan destinasi wisata Danau Toba.

“Penerbangan internasional reguler, apalagi direct flight seperti ini sangat penting bagi Danau Toba. Poros regional Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura merupakan market yang potensial,” ujar Arie.

Wisatawan pun sekarang katanya bisa menikmati kemudahan akses, atraksi budaya lokal, dan amenitas yang ada di destinasi Danau Toba yang lebih maksimal lagi. Target tahun ini, wisatawan domestik melalui Silangit sebanyak 500 ribu orang dan tahun depan ditargetkan bisa dua kali lipat.

Bandara Silangit sendiri saat ini sudah melayani tujuh penerbangan domestik dari Jakarta setiap harinya, yang dilayani oleh lima maskapai yaitu Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air dan Garuda Indonesia.

Editor: Risman Septian

Previous articleWali Kota Medan Optimis Kuliner India Go Internasional, Ini Sebabnya
Next articleSaudi Tabrak Konvensi Wina, MPR Desak Penambahan Lapangan Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here