Gempa Donggala, Lebih dari 500 BTS Lumpuh

Gempa 7,4 SR di Donggala

Jakarta, PONTAS.ID – Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, mengakibatkan jaringan telekomunikasi di Sulawesi Tengah dan sebagian Sulawesi Barat lumpuh karena pasokan listrik terputus.

Hingga Sabtu (29/9) pagi, hasil pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan terdapat lebih dari 500 pemancar sinyal seluler (base transceiver station/BTS) yang tidak bisa digunakan. Pemulihan BTS bakal menjadi prioritas.

“Operator telekomunikasi tengah berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan mobile backup power (MBP) dan menunggu pulihnya jaringan listrik dari PLN,” kata juru bicara Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, melalui keterangan pers, Sabtu (29/9).

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya.

Tim dari Bakti telah membawa 30 unit telepon satelit yg akan digunakan utk komunikasi bagi para petugas posko pemulihan bencana selama masa tanggap darurat pasca gempa. Kemenkominfo juga akan segera menyiapkan perangkat internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pascabencana.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here