Rawan Karhutla, Satgas bentuk Posko di Area Penyelenggara asian Games

Kebakaran Hutan ( Foto: Ist).

Jakarta, PONTAS.ID – Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) Provinsi Sumatra Selatan membentuk posko lapangan pengamanan Jakabaring di beberapa titik sekitar area penyelenggaraan Asian Games.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Raffles B Panjaitan, mengatakan posko dibentuk untuk mendukung patroli terpadu yang ada di desa-desa rawan karhutla sekitar area Jakabaring. Posko ini diperkuat dengan pasukan reaksi cepat untuk mengantisipasi apabila ditemukan kejadian kebakaran. Personel Manggala Agni KLHK pun turut menjadi bagian dari tim posko.

“Dalam penanganan karhutla, tidak hanya melalui darat namun penanganan dari udara juga dilakukan. Helikopter KLHK melakukan patroli udara untuk memantau wilayah-wilayah rawan di sekitar Jabaring,” kata Raffles melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (22/8).

Menurut dia, posko-posko pengamanan Jakabaring berada di daerah Pegayut dan Muara Belida. Sebelumnya, terjadi kebakaran lahan dekat kompleks Wisma Atlet Jakabaring. Pemadaman dilakukan satgas penanganan karhutla di darat dibantu satgas udara yang melakukan water bombing.

“Patroli terpadu dengan 50 posko desa yang beranggotakan Manggala Agni, TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Secara intensif terus melakukan pendekatan ke masyarakat, sosialisasi, dan juga deteksi dini,” tambahnya.

Saat ini, lanjut Raffles, Manggala Agni bersama tim patroli terpadu terus melakukan patroli pada siang dan malam hari untuk mengamankan titik rawan kebakaran hutan dan lahan.

Editor: idul HM

Previous articleSurvei LSI Denny JA Dinilai Penggiringan Opini
Next articleCabang Olahraga Paralayang Persembahkan Medali Emas Ke-6 untuk Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here