Pemerintah Diminta Lakukan Terobosan Kebijakan Ekonomi

Ketua MPR Zulkifli Hasan Buka Sidang Tahunan MPR (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta agar pemerintah mengeluarkan terobosan kebijakan ekonomi dalam mengatasi tantangan ekonomi nasional saat ini.

Menurut pria akrab disapa Zulhas, ada tiga tantangan perekonomian nasional yang membutuhkan terobosan kebijakan dari Pemerintah.

“Pertama, adalah Masalah Kesenjangan Ekonomi. Kami mensyukuri penurunan Gini ratio yang dicapai oleh pemerintah dari sekitar 0.41 menjadi 0.39 saat ini,” katanya saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR, di Komplek Parlemen, Kamis (16/8/2018).

Zulhasan melanjutkan meski gini ratio turun karena diakibatkan turunnya pendapatan masyarakat kelas atas ketimbang naiknya pendapatan masyarakat kelas bawah.

“Yang sangat perlu diperhatikan adalah golongan miskin dan hampir miskin masih sangat besar jumlahnya. Golongan ini sangat rentan terhadap perubahan harga. Oleh karenanya, Pemerintah perlu menjaga harga-harga barang kebutuhan rumah tangga agar daya beli mereka tidak tergerus,” katanya.

Lalu Kedua, adalah masalah stabilitas dan defisit transaksi berjalan. Zulhasan meminta agar pemberdayaan ekonomi kecil dan mikro perlu terus dikembangkan, diantaranya melalui fasilitas kredit, fasilitas produksi dan pasar, termasuk bantuan pemasaran dan teknologi agar mereka tumbuh dan berkembang.

“Kesempatan berusaha dari kebijakan perluasan pembangunan infrastruktur harus didistribusikan secara luas ke daerah melalui usaha swasta besar, menengah, dan kecil,” ujar Zulhasan.

Terakhir, kata Ketua Umum DPP PAN itu adalah masalah pengelolaan utang. Negara harus menjaga stabilitas ekonomi dan mencegah krisis sejak dini. Ini menjadi penting dalam kerangka menjaga ketahanan ekonomi.

“Kita perlu melakukan pengetatan prediksi-prediksi perekonomian secara cermat, terukur, dan akuntabel, diantaranya mengenai nilai tukar rupiah dalam perekonomian global, penguatan-penguatan di sektor industri, pembatasan arus impor, serta peningkatan daya saing komoditas dan peningkatan daya ekspor kita,” tandas Zulhasan

Previous articleGanjil-Genap Digugat, Anies: Itu Hak Warga Negara
Next articleBMKG Rilis Tinggkat Kerusakan Pasca Gempa Lombok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here