Jokowi: Fokus Pemerintah Bukan Hanya Infrastruktur

Jokowi Pidato di Sidang Tahunan MPR (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Jokowi mengungkapkan, fokus perhatian Pemerintah dalam empat tahun terakhir bukan hanya pembangunan infrastruktur.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk hampir 260 juta jiwa, dirinya percaya masa depan Indonesia terletak pada kemampuan kita untuk mempersiapkan
manusia Indonesia yang maju dan unggul.

“Selama ini, kita sering bicara tentang kekayaan sumber daya alam,
tapi kita seakan lupa bahwa Indonesia memiliki kekuatan besar dalam bentuk sumber daya manusia. Inilah sesungguhnya modal terbesar dan terkuat yang
harus kita miliki,” kata Jokowi dalam pembukaan pidato kenegaraan sidang tahunan MPR, Kompleks Parlemen, Kamis (16/8/2018).

Karena itu, lanjut Jokowi, membangun manusia Indonesia adalah
investasi Pemerintah untuk menghadapi masa depan, untuk melapangkan jalan menuju Indonesia maju.

“Kita persiapkan manusia Indonesia menjadi manusia yang unggul sejak dalam masa kandungan sampai tumbuh secara mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya,” terangnya.

Disamping itu, Jokowi mengatakan, Pemerintah juga bekerja memastikan setiap anak Indonesia dapat lahir dengan sehat, dapat tumbuh dengan gizi yang cukup, bebas dari stunting atau 11 tumbuh kerdil. Ketika mereka memasuki usia sekolah,
tidak boleh lagi anak-anak bangsa, termasuk anak-anak yatim piatu, terpaksa putus sekolah karena alasan biaya pendidikan yang tidak terjangkau.

“Komitmen ini kita wujudkan melalui pembagian Kartu Indonesia Pintar, yang pada tahun 2017 sudah mencapai lebih dari 20 juta peserta didik, sertaperluasan penyaluran program beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa,” tegasnya.

Previous articleDPR Desak Usut Tuntas Kasus Bandar Narkoba Bakar Satu Keluarga
Next articleKementerian PUPR Lanjutkan Kirim Bantuan Sanitasi ke Lombok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here