Maju Capres, Jokowi Pilih Ma’ruf Amin sebagai Cawapres

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden RI, Joko Widodo akhirnya mengumumkan bahwa dirinya akan kembali maju sebagai calon presiden (capres) dalam bursa Pemilu Presiden (Pilpres) tahun 2019 yang akan datang.

“Saya putuskan untuk mencalonkan diri menjadi presiden 2019-2024. Ini adalah keputusan besar erat dengan cita-cita mewujudkan Indonesia dengan pembangunan merata dan keadilan,” kata Jokowi dalam deklarasi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Dan untuk calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2019 nanti, Jokowi telah memutuskan untuk memilih KH. Ma’ruf Amin, yang kini tengah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Dan dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapat persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja, yang akan mendampingi saya sebagai Cawapres 2019-2024 adalah Prof Dr Ma’ruf Amin,” ujarnya.

Jokowi mengatakan keputusannya tersebut diambil setelah mendengarkan masukan ulama, ketua umum partai, relawan, hingga masyarakat luas. Dia pun mengungkap alasan pemilihan Ma’ruf Amin, dikarenakan beliau adalah tokoh agama yang bijaksana.

Jokowi kemudian menyebut berbagai jabatan yang pernah diemban Ma’ruf, antara lain yakni pernah menjadi anggota legislatif DPRD, DPR, MPR, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Rais ‘Aam PBNU hingga sekarang menjabat Ketua Umum MUI.

Dalam kaitannya dengan Kebhinekaan, tambah Jokowi, Ma’ruf menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). “Kami ini saling melengkapi, nasionalis religius,” tutur Jokowi lebih jelas.

Untuk diketahui, sebelum deklarasi Jokowi sempat melakukan pertemuan dengan seluruh pimpinan parpol pendukung. Mereka yakni Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP), Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar), Surya Paloh (Ketua Umum Partai Nasdem).

Lalu ada juga Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), M. Romahurmuziy (Ketua Umum PPP), Oesman Sapta Odang (Ketua Umum Partai Hanura), Grace Natalie (Ketua Umum PSI), Hary Tanoesoedibjo (Ketua Umum Partai Perindo), dan Diaz Hendropriyono (Ketua Umum PKPI).

Editor: Risman Septian

Previous articlePemprov DKI Bentuk Tim Pertimbangan Monas untuk Seleksi Kegiatan
Next articlePasca Dipilih Jokowi, Ma’ruf Amin Langsung Beberkan Visi Ekonomi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here