Gandeng BMW, Pertamina akan Hadirkan Green Energy Station

Jakarta, PONTAS.ID – PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan BMW Group Indonesia siap menghadirkan teknologi pengisian energi untuk kendaraan listrik, berupa alat pengisi baterai listrik cepat atau fast charger bertajuk Pertamina Green Energy Station (GES).

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, mengatakan bahwa bisnis pengisian baterai akan menjadi bagian integral dari bisnis SPBU Pertamina di masa depan, untuk itu kerja sama dengan produsen mobil listrik seperti BMW Group sangat diperlukan.

“Langkah ini sangat penting untuk mempelajari konsep terbaik yang dapat menjamin kenyamanan layanan bagi pengguna kendaraan listrik,” kata Adiatma di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Jumat (3/8/2018).

Adiatma pun mengklaim, dengan alat tersebut, baterai kendaraan listrik bisa terisi hanya dalam hitungan menit.

“Dari teman- teman teknis kalau dia 150 kVa (Kilovolt ampere) dia bisa ngisi 2 menit aja. Namun, waktu dua menit itu bukan untuk mobil listrik murni, melainkan plug-in hybrid. Sedangkan untuk jarak tempuh yang mampu dicapai setelah pengisian tergantung kendaraannya,” paparnya.

Adiatma melanjutkan, nantinya, alat pengisian energi mobil listrik tersebut akan digabung dengan SPBU Pertamina.

Sebagai informasi, Pertamina GES didasari oleh pergeseran global dunia otomotif dari Internal Combustion Engine (ICE) ke Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Electric Vehicles (EV), yang ditandai dengan pergantian penggunaan bahan bahan bakar jenis bensin menjadi baterai PHEV dan EV.

Hal ini diprediksi akan menjadi subsitusi bagi pengisian fuel untuk kendaraan yang saat ini dijalankan oleh Pertamina.

Menurut Adiatma, teknologi GES terdiri 3 konsep utama, yakni Konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU, kedua Konsep Future yang memiliki EV Charging Station, dan yang ketiga Konsep Digital dimana pembayaran di SPBU cashless dengan MyPertamina serta dilengkapi dengan self-service.

Editor: Risman Septian

Previous articlePasca Kebakaran, Gili Lawa Darat Taman Nasional Komodo Ditutup
Next articleFilm Sebelum Iblis Menjemput Diharapkan Jadi Box Office

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here