PBB Prediksi Bakal Muncul Poros Islam di Pilpres 2019

Ketua DPP PBB Sukmo Harsono (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Bulan Bintang (PBB) memprediksi bakal munculnya koalisi poros Islam di Pilpres 2019. Poros itu diisi PBB bersama PAN-PKS-PKB.

Ketua DPP PBB Sukmo Harsono menyebut mudah saja bagi PBB, Gerindra, PKS, dan PAN memutuskan pasangan capres-cawapres berdasarkan rekomendasi Persaudaraan Alumni (PA) 212. Namun kenyataan berkata lain usai Partai Demokrat menyatakan bergabung dengan Gerindra.

“Sejak rekom PA 212 menyebut nama Prabowo (Ketum Gerindra Prabowo Subianto), Yusril (Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra), Aher (politikus PKS Ahmad Heryawan), dan Zulkifli (Ketum PAN Zulkifli Hasan), sebenarnya 4 parpol ini dalam suasana yang mudah mengambil keputusan pasangan capres dan cawapres,” ujar Sukmo kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Demokrat yang gagal masuk ke koalisi Joko Widodo (Jokowi) dan berpaling ke ‘koalisi keummatan’ yang didorong Habib Rizieq Syihab diduga Sukmo membuat PKS tak senang. Apalagi ada pernyataan soal opsi abstain yang mungkin diambil PKS di Pilpres 2019.

“Demokrat setelah gagal dengan PDKT (pendekatan) ke Pak Jokowi mulai lah masuk ke 4 parpol yang di-endorse oleh Habib Rizieq. Nah munculnya bukan membuat PKS happy, apalagi nama Habib Asegaf (Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf) sudah diputus oleh Itjtimak Ulama, tapi malah membuat PKS mau bersikap netral jelas ini tanda-tanda mulai tidak solid,” tutur Sukmo.

Sukmo menambahkan, kemungkinan munculnya poros Islam ini juga bisa terjadi andai Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendapatkan hidayah. Dia menilai poros ini akan menjadi ‘the winner’.

“Maka akan terbuka peluang kalau PKB alias cak Imin dapat hidayah bisa jadi akan muncul opsi koalisi parpol Islam (PKS, PKB, PBB, dan PAN). Saya rasa ini akan menjadi the team dan the winner,” kata dia.

Previous articleINSA Berharap Dukungan Pendanaan dari Perbankan Nasional
Next articlePKS Heran Permohonan Kasasi atas Fahri Hamzah Kalah di MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here