Presiden Timor Leste Minati Pertanian Modern IPB

Lihat Model Pertanian Modern Presiden Timor Leste Sambangi IPB.

Jakarta, PONTAS.ID – Kunjungan Presiden Republik Demokratik Timor Leste,  Francisco Guterres Lu-Olo dan Ibu Negara, dalam kunjungannya Ke Indonesia,  menyempatkan  kunjungan Ke Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (28/6/2018).

Rombongan tamu kenegaraan Republik Demokratik  Timor Leste diterima  oleh Pelaksana Harian (Plh) Rektor IPB yang juga Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr Drajat Martianto dan jajaran pimpinan IPB di Kampus IPB Dramaga .

Sejumlah mahasiswa IPB asal Timor Leste turut hadir bertemu presidennya. “IPB merasa bangga dan terhormat mendapat kunjungan  Presiden Timor Leste dalam kunjungan pertama beliau” ungkap Dr Drajat.

Drajat Mengatakan, IPB siap bekerjasama dengan Pemerintah Timor Leste dalam berbagai aspek, khususnya bidang pendidikan pertanian, penelitian dan pengembangan teknologi pertanian terutama budidaya tanaman pangan, hortikultura, perikanan, dan peternakan, teknologi kelautan dan perikanan, kehutanan dan perkebunan, ketahanan pangan dan gizi, model agribisnis pertanian,  pemberdayaan masyarakat dan bidang-bidang lain yang menjadi kekuatan berbagai fakultas atau sekolah dan pusat-pusat studi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB.

Dalam bidang pendidikan, lanjut Drajat,  IPB siap menerima mahasiswa-mahasiswa asal Timor Leste untuk belajar di IPB dari jenjang diploma atau vokasi, sarjana hingga pascasarjana. Dr. Drajat mengatakan.

“Bahkan IPB akan menyediakan beasiswa (pembebasan SPP) bagi lima  mahasiswa asal Timor Leste, di samping peluang beasiswa dari Pemerintah Timor Leste maupun beasiswa lainnya.” ujarnya.

Presiden Republik Demokratik Timor-Leste, Francisco Guterres Lu-Olo dan Ibu Cidalia Mozinho Lu-Olo melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Indonesia dari tanggal 27-29 Juni 2018.

Setelah acara pertemuan bilateral Presiden Republik Demokratik Timor-Leste dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor pada 28 Juni 2018, Presiden Lu-Olo berkesempatan melakukan kunjungan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB untuk melihat model pertanian modern di Agribusiness Development Station (ADS) IPB.

Presiden Francisco Guterres Lu-Olo ingin melihat aktivitas pertanian modern yang telah dilakukan IPB

Presiden Francisco Guterres Lu-Olo sangat tertarik terhadap pengembangan peternakan, di Timor Leste banyak savana atau padang penggembalaan yang tidak tergarap dengan baik.

IPB punya teknologi pakan unggul, Presiden Timor Leste concern terhadap pengolahan hasil ternak.

Sebagai tindak lanjut, Kepala Dinas Perindustrian dari Timor Leste akan kembali ke IPB dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti kerjasama.

Dalam bidang pertanian, Presiden Francisco Guterres Lu-Olo tertarik terhadap beragam benih yang dihasilkan peneliti IPB diantaranya pepaya kalina, nenas dan pisang.

Terkait hal tersebut IPB akan segera menindaklanjuti untuk kerjasama.

Tak hanya itu, Presiden Timor Leste juga tertarik untuk mengembangkan sorgum sehingga kerjasama dengan IPB diharapkan bisa menjawab hal tersebut.

Rombongan mengunjungi mini expo, seperti inovasi unggulan IPB, produk inovasi Fakultas Perikanan, Produk inovasi Fakultas Peternakan dan produk sayuran dan jambu kristal produksi ADS dan mitra.

Editor: Idul HM

Previous articleMendagri Sebut Tersangka Korupsi Menang Pilkada Tetap Dilantik
Next articleDPR Bakal Tata RUU Penyadapan KPK dan BIN Secara Komprehensif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here