Lebaran Tahun Ini, Penumpang Pesawat Diprediksi 6,7 Juta Orang

Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo

Jakarta, PONTAS.ID – PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi jumlah penumpang pesawat terbang pada musim mudik Lebaran tahun ini naik sekitar 20%. Tahun lalu, jumlah penumpang pesawat mencapai 6,1 juta orang dan tahun ini diperkirakan naik jadi 6,7 juta penumpang.

Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan, untuk Bandara Soekarno Hatta saja kenaikan penumpang mencapai 60.000 orang. Jika biasanya penumpang pesawat hanya sekitar 160.000 orang, di musim mudik Lebaran tahun ini mencapai 220.000 orang.

“Memang bagi bandara, Lebaran atau bukan Lebaran semuanya harus siap untuk melayani penerbangan terutama aspek keamanan. Tapi Lebaran kita ekstra karena jumlah penumpang yang meningkat,” kata Djoko Murjatmodjo selaku┬áDirektur Teknik dan Operasi AP II saat ditemui PONTAS.id dalam acara Polemik MNC Trijaya Network di Jakarta, Sabtu (2/6/18).

Untuk mengantisipasi kepadatan tersebut, pihaknya telah menyediakan fasilitas berbasis digital. Di antaranya fasilitas self check in yang tersedia di bandara.

“Kalau penuh, bisa gunakan mobile service check in. Petugas akan membawa mini printer sehingga boarding pass-nya bisa langsung diberikan. Kemudian bisa check in gunakan web dan apps, bisa web check in dari rumah dan sebagainya,” imbuh dia.

Djoko menambahkan, untuk tahun ini setidaknya ada 15 bandara di Indonesia yang melayani penumpang mudik Lebaran dari sebelumnya hanya 14 bandara. Hal ini karena Bandara Kertajati, Bandung telah melayani penerbangan untuk musim mudik Lebaran tahun ini.

“Untuk mudik kali ini Citilink extra flight akan berangkat dari Kertajati untuk melayani dari jabar bagian timur. Kami akan melihat seberapa besar peminat yang akan melakukan reservasi dari bandara tersebut. Jadi silakan memanfaatkan penerbangan ke bandara itu,” tandasnya.

Previous articleAmankan Arus Mudik Bakauheni-Merak, Kemenhub Gandeng Polri
Next articleMudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Bus Antarprovinsi yang Memadai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here