Karya Anak Bangsa, Luhut Puji Desain Bandara Kertajati

Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan, memantau Kelengkapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/05).

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rasa bangganya. Ia mengagumi desain Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Saya terus terang melihat ‘airport’ (bandara) ini bangga, karena ini suatu ‘airport’ yang desainnya dibuat oleh orang Indonesia,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (25/5/2018).

Luhut mendampingi Presiden Jokowi dalam pendaratan perdana di bandara tersebut. Ia juga mengapresiasi pekerjaan pembangunan bandara yang menurutnya terbilang cukup rapi.

“Pekerjaannya cukup rapi. Ini di Indonesia, ini mungkin merupakan yang salah satu terapi. Dan yang paling penting, akan membuat pertumbuhan ekonomi makin baik di kawasan ini. Akan ada Aerocity, kemarin saya lihat di India cuma 1.500 hektare, di sini 3.200 hektare, jadi akan bagus,” ujarnya, dikutip dari Antara.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan ada beberapa alasan bandara akan menjadi lebih bagus, salah satunya adalah dengan dukungan Bandung Tol Road yang sedang proses akan selesai pembebasan tanah.

“Tahun depan diharapkan sudah selesai,” katanya.

Alasan kedua, warga Cirebon kini terakomodasi dengan adanya bandara baru tersebut sehingga tak perlu ke Jakarta terlebih dahulu.

Alasan terakhir, dukungan Pelabuhan Patimban yang akan menjadi pusat ekspor impor kendaraan roda empat.

“Nanti juga akan ada kawasan industri Bekasi, Karawang, Purwakarta yang jaraknya kira-kira 100 km lewat tol,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan bahwa Bandara Kertajati diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam lima tahun ke depan hingga di atas 8 persen.

“Wilayah ini kaya sekali, hanya belum teintegrasi, nah sekarang kita bikin ‘integrated’ sehingga ‘cost’ akan turun di sini, industri pariwisata bisa dihidupkan, orang datang akan ke mana lihat di Cirebon ada udang dan rotan di sana, ada Patimban begitu bagus dan seterusnya,” ungkapnya.

Editor: Idul HM

Previous articlePemerintah Alihkan Penerbangan Internasional dari Bandung ke Kertajati
Next articleJasa Marga Resmikan Rest Area 725A di Ujung Timur Tol Trans Jawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here