Kemenkop Dukung Banten Kembangkan Pariwisata Berbasis KUMKM

Agus Muharam selaku Sekretaris Kemenkop dan UKM

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Koperasi dan UKM mendukung Provinsi Banten sebagai salah satu tujuan wisata. Propinsi Banten dinilai memiliki potensi alam dan pantai yang sangat indah yang apabila dikelola dengan baik bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk mendukung sektor-sektor unggulan (pariwisata) yang sedang dikembangkan oleh Provinsi Banten, antara lain dengan mengembangkan produk UMKM berbasis pariwisata.

Untuk memajukan perekonomian masyarakat, menurut Agus harus sejalan dengan upaya memajukan Koperasi dan UMKM. Karena UMKM ibarat rumah, Usaha Mikro dan Kecil sebagai pondasi, Pilarnya Usaha Menengah dan atapnya Usaha Besar.

Pengembangan UMKM melalui pendekatan koperasi itu jelasnya, pihaknya sudah melakukan dengan fasilitas pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan dana bergulir Lpdb Kumkm.

“Itu semua harus didukung dengan pengawasan yang kuat. Juga dilakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, investor, perguruan tinggi dan lain-lain. Pembangunan ekonomi kerakyatan itu juga harus tetap memelihara kearifan lokal masyarakat Banten,” kata Agus Muharam selaku Sekretaris Kemenkop dan UKM dalam rilis yang diterima PONTAS.ID, Jakarta, Rabu, (18/4/18).

Agus meyakini Banten sangat potensial karena kota dan masyarakatnya sangat religius dengan didukung SDM yang baik, apalagi lokasi provinsi tersebut sangat dekat dengan Ibukota Jakarta.

Pembangunan Banten itu ke depan diharapkan jangan hanya berorientasi pada pembangunan fisik pemerintahan, tapi harus berorientasi pada pembangunan masyarakat miskin.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh Banten Irsyad Djuwaili mengatakan dengan potensi Banten yang sangat besar ini, harusnya Banten sudah menjadi daerah yang sangat maju.

Ia berharap semoga Gubernur yang baru dapat bekerja dengan baik untuk kemajuan Banten. Supaya Banten menjadi kuat, maju, beriman dan menjadi masyarakat agamis.

Previous articleDPR Apresiasi Pemerintah Tambah Libur Lebaran
Next articleDiduga Lakukan Pelanggaran, Demiz: Ini Tanda Kemenangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here