Kunjugi Indonesia, Dewan HAM PBB Apresiasi Perkembangan Pertanian RI

Salah satu lahan Rawa surut di Kalimantan Selatan.

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menerima kunjungan dari pelopor khusus Dewan HAM PBB untuk hak atas pangan ke Indonesia. Pertemuan dilakukan di gedung utama Kementan, Jakarta Selatan.

Setelah pertemuan tersebut,Amran menyatakan, upaya peningkatan pangan yang dilakukan oleh Indonesia sangat diapresiasi oleh pihak PBB. “Kami sampaikan upaya untuk meningkatkan pangan Indonesia dan itu mereka apresiasi,” ungkap Amran di Kementan, Senin (9/4/2018).

Menurut Amran, ada beberapa hal peningkatan pangan yang dilakukan oleh Indonesia yang diapresiasi yakni penciptaan teknologi di bidang pertanian. Pertama mengenai penciptaan lahan tadah hujan (rainfed land) dan kedua adalah penciptaan lahan rawa surut menjadi lahan pertanian.

“Itu ada beberapa hal poin-poin penting yang diapresiasi yang pertama rainfed land yang kita bangun arable land, jadi tanah yang gersang kita optimalkan terkhusus untuk rainfed land (tanah tadah hujan) sekitar 50% seluruh Indonesia,” jelasnya.

Yang kedua yang disorot oleh PBB menurut Menperin tersebut, adalah hal yang dilakukan Indonesia ini dilihat sebagai suatu hal yang bagus untuk meningkatkan pangan. Pasalnya dengan rainfed land yang dilakukan ini meningkatkan masa tanam Indonesia yang awalnya hanya 1 kali per tahun menjadi 2 kali per tahun.

“Bahkan nanti ke depan tiga kali (per tahun). Caranya adalah membangun rain water technology,” kata dia.

Sementara itu, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) juga turut menjadi poin yang diapresiasi PBB. Selain itu, pihak PBB juga ingin mengunjungi dan melihat langsung KRPL Indonesia.

“Beliau mau kunjungi dan lihat langsung seperti apa KRPL ini sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan. Pangan lestari itu menanam cabai, sayur di pekarangan itu yang akan dikunjungi besok mungkin. Intinya mereka mengapresiasi gerakan kita atas perintah Bapak Presiden untuk memuliakan petani, mem-protect petani itu yang ditangkap dan sangat gembira tentang itu,” tukasnya.

Editor: Idul HM

Previous articlePerpres TKA Jadi Ancaman untuk Pekerja Lokal
Next articleGus Ipul Dorong Terwujudnya Jalan Tol Kertosono-Tulungagung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here