Kementerian PUPR Optimis ‘SPAM Kartamantul’ Selesai Tahun Ini

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, dan Bantul)

Jakarta, PONTAS.ID – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kartamantul (Yogyakarta, Sleman, dan Bantul) akan melayani kebutuhan air bersih bagi 150 ribu jiwa yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya. Sumber air baku SPAM Kartamantul berasal dari Sungai Progo.

Pembangunan SPAM Regional merupakan sistem terpadu dapat mengatasi keterbatasan air baku yang tidak merata di berbagai daerah serta menghemat anggaran dalam pembangunan instalasi pengolahan air minum (IPA) dan jaringan distribusinya.

“Pembangunan SPAM regional lebih efektif karena sumber air bakunya satu tetapi dapat dimanfaatkan untuk beberapa kota/kabupaten. Hal ini merupakan salah satu upaya mempercepat pencapaian target akses air minum aman 100 persen pada tahun 2019,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran persnya yang diterima PONTAS.id, Kamis (5/4/2018).

Dikatakan Basuki, pembangunannya SPAM dilakukan Ditjen Cipta Karya sejak tahun 2014 dengan target selesai pada 2018 dengan kapasitas 700 liter/detik, “Dengan cakupan layanan sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Sleman, 14 kecamatan di Kota Yogyakarta dan tiga kecamatan di Kabupaten Bantul,” terangnya.

Kapasitas Meningkat
Sementara, untuk pembangunannya Kementerian PUPR melaksanakan dalam dua tahapan yakni APBN tahun 2014-2015 sebesar Rp 88,7 miliar dan APBN tahun 2017-2018 sebesar Rp 90,5 miliar. Pembangunan berupa intalasi pengolahan air, dua buah reservoir dengan kapasitas 2.000 m3 dan 1.000 m3, booster 500 m3, jaringan perpipaan sepanjang 18 km dan 12 km serta bangunan pendukung.

“Secara nasional, pelayanan air minum di Indonesia hingga akhir 2016 sebesar 71,14 persen dengan rincian 81,30 persen di wilayah perkotaan dan 60,72 persen di perdesaan. Angka tersebut telah meningkat dibandingkan tahun 2014 sebesar 68,36 persen dengan rincian 80,72 persen di perkotaan dan 56,09 persen,” papar Menteri Basuki.

Sebagai informasi, selain SPAM Kartamantul, Kementerian PUPR juga tengah membangun 8 SPAM Regional lainnya yang menjadi proyek strategis nasional (PSN) yakni SPAM Regional Semarang Barat, Wasusokas di Prov. Jawa Tengah, SPAM Regional Jatigede dan Jatiluhur di Prov. Jawa Barat.

Kemudian, SPAM Regional Mammimasata (Makasar, Maros, Sungguminasa dan Takalar) di Prov. Sulawesi Selatan,  SPAM Regional Mebidang (Medan, Binjai dan Deli Serdang) di Prov. Sumatera Utara, SPAM Regional Lampung di Prov. Lampung dan SPAM Regional Umbulan di Prov. Jawa Timur.

Editor: Hendrik JS

Previous articleIndonesia Archipelago Expo 2018 Berpotensi Dongkrak Wisman
Next articlePartisipan JFFF 2018 Didominasi oleh UKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here