Ketua MK yang Baru Diharapkan Dapat Lebih Baik dari Sebelumnya

Anwar Usman Saat Membaca Sumpah Jabatan (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yakin Mahkamah Konstitusi akan lebih saat dipimpin Hakim Anwar Usman. Pria yang biasa dipanggil Zulhas ini mengakui kompetensi Anwar.

“Saya kenal betul beliau (Anwar) luar dalam dan saya meyakini beliau mampu melaksanakan tugas dengan baik,” kata Zulhas di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (2/4/2018).

Zulhas menambahkan, dengan Aswanto sebagai wakil dari Anwar akan menjadi komposisi yang baik bagi reformasi birokrasi di Mahkamah Konstitusi. Jelang tahun politik, Ketua Umum PAN itu meyakini MK bisa menyelesaikan sengketa Pilkada yang akan datang.

“Dalam demokrasi milih bupati gubernur seperti biasa lima tahunan. Oleh karena itu pilkada beda calon, merah putih kita sama jaga persatuan, dan bila ada sengketa saya yakin MK mampu menyelesaikan,” kata Zulhas.

Dalam kesempatan itu tak lupa Zulhas mengucapkan selamat kepada Anwar. Dia berpesan dan mendoakan agar Anwar sukses memimpin MK ke depan.

“Selamat untuk pak Anwar, kita doakan untuk beliau sukses memimpin MK untuk periode mendatang,” kata Zulhas.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengucapkan selamat atas terpilihya Anwas Usman dan Aswanto sebagai Ketua dan Wakil Ketua MK yang baru.

“Kami ucapkan selamat atas terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua MK yang baru. Diharapkan ada semangat yang jauh lebih kuat untuk pemberantasan korupsi,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Lebih lanjut, Febri menyatakan sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, maka tentu penyelenggara negara baru wajib melaporkan kekayaannya.

“KPK akan menerima pelaporan tersebut. Agar lebih mudah, pelaporan juga dapat dilakukan melalui e-LHKPN. Jika membutuhkan petunjuk dalam pengisian dapat kami bantu,” ucap Febri.

Anwar Usman terpilih sebagai Ketua MK dalam sidang pleno Rapat Permusyawaratan Hakim (RHP) melalui mekanisme voting. Ia menang selisih satu suara dengan hakim lainnya Suhartoyo.

Begitu juga dengan wakilnya, hakim Aswanto. Dia menang selisih satu suara dengan kandidat hakim lainnya yaitu Saldi Isra.

Terpilihnya Anwar Usman sebagai ketua Mahkamah Konstitusi ini merupakan pertama bagi hakim MK yang berasal dari Mahkamah Agung (MA).

Previous articleTREN Masuk Lobang Rame-rame, KPK Seret 38 DPRD SUMUT
Next articleMentan Lapor Presiden, Jelang Ramadhan Harga Tetap Stabil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here