DPR Sesalkan Pernyataan Menkes Soal Cacing dalam Kemasan Ikan Makarel

Ikan Kaleng Sarden Cacing (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani Chaniago menyayangkan statment yang dilontarkan oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek soal keberadaan cacing dalam kaleng ikan makarel.

“(Kami) Menyesalkan statement Bu Menkes yang terburu-buru. Karena makanan kaleng yang mengandung cacing, selain menjijikkan dan bisa bikin alergi dan sakit perut, tentu tidak layak konsumsi,” ujar Irma dalam keterangan pers, Selasa (2/4/2018).

Menurutnya, masih banyak konsumsi makanan lain yang lebih sehat dan layak konsumsi. Sehingga, sebaiknya Menkes tidak memaksakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan tersebut.

“Stop saja importnya. Cari jenis ikan lain yang ada diperairan Indonesia, tidak perlu ikan import untuk makanan kaleng kita. Lagi pula cacing dalam makanan kaleng sangat menjijikan,” cetus Irma.

Untuk diketahui, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan cacing pada ikan makarel kaleng ini tidak berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar. Menurut dia, cacing justru mengandung protein.

“Setahu saya itu (ikan makarel) kan enggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi atau dimasak lagi. Cacingnya matilah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh saja tapi saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. Insya Allah enggak kenapa-kenapa,” kata Nila.

Previous articlePaul Pogba Bantah Bermasalah dengan Mourinho di MU
Next articlePengunjung Tewas Overdosis di Diskotek Sawah Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here