Telat Bayar Pajak, Denda 100 Ribu Setiap Tahun

Petugas melayani wajib pajak untuk memperoleh informasi mengenai kebijakan amnesti pajak

Jakarta, PONTAS.ID – Bagi para wajib pajak yang belum melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), bakal ada denda yang dikenakan, sebesar Rp100 ribu untuk setiap tahun pajak.

“Dendanya Rp100 ribu per NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Jakarta, Minggu, (1/4/18).

Pelaporan SPT untuk tahun ini sudah mencapai 10,51 juta wajib pajak. Angka tersebut lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya yang hanya mencapai 8,3 juta wajib pajak.

Peningkatan signifikan juga terjadi bagi wajib pajak yang melapor secara elektronik atau daring sebanyak 8.213.098 wajib pajak untuk orang pribadi dibanding tahun 2017 yang hanya sebanyak 6.733.107 wajib pajak orang pribadi. Sementara, yang manual justru mengalami penurunan.

Tahun lalu, pelaporan SPT wajib pajak orang pribadi menggunakan manual sebanyak 2.052.492. Pada tahun ini, pendaftar secara manual orang pribadi hanya sebanyak 1.838.003 orang.

Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan mengatakan, wajib pajak orang pribadi yang dimaksud rata-rata kebanyakan berstatus karyawan ketimbang wajib pajak orang pribadi usaha.

“Kalau sepintas sih, kebanyakan yang melapor wajib pajak objek pribadi karyawan. Itu lebih banyak yang melaporkan SPT, karena mereka lebih sederhana dan sudah ada bukti potong,” ujar Robert.

Sedangkan, wajib pajak orang pribadi usaha membutuhkan kelengkapan data sehingga prosesnya sendiri memakan waktu lama.

“Kalau orang pribadi usaha sendiri cenderung itu lebih lama mempersiapkan, karena mereka ada usaha, pembukuan. Kalau karyawan sudah ada bukti potong harus segera melaporkan,” katanya membandingkan.

Robert juga mengingatkan, untuk laporan SPT wajib pajak untuk badan usaha, akan berakhir pada 30 April 2018. “Untuk SPT PPh Badan akhir April sudah selesai,” ucapnya.

Previous articleCurug Gerong Pemandangan Alam yang Mempesona
Next articleMufidah: Gedung SMESCO Dimanfaatkan Mempromosikan Produk UKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here