RI Ekspor Pisang Ke Negeri Jiran

Ilustrasi Pisang Kepok

Jakarta, PONTAS.ID – Pisang kepok Indonesia masuk mengisi pasar Negara Malaysia. Pisang kepok termasuk kelompok pisang olah (plaintain) karena tinggi kandungan pati.

Badan Karantina Pertanian sebagai institusi pemerintah yang memfasilitasi ekspor produk pertanian, membantu mengakselerasi ekspor produk pertanian.

Berbagai kemudahan layanan ekspor terus dilakukan, seperti halnya pada pisang kepok asal Sumatra Utara. “Hari ini kita periksa 17,4 ton pisang kepok yang akan dikirim ke Malaysia,” kata Kepala Karantina Tanjung Balai Asahan Drh Azhar, Rabu (28/3).

Menurut data Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan, pada 2017 tercatat bahwa sudah terkirim 1.879 ton lebih pisang kepok tujuan Malaysia dengan frekuensi pengiriman 262 kali.

Sebelum dikirim, petugas karantina memastikan media pembawa atau komoditas tersebut memenuhi persyaratan phytosanitary dari negara tujuan. “Kita periksa dokumen, periksa fisik dan pastikan bebas hama penyakit,” ujar Azhar

Seperti diketahui, pisang jenis ini memiliki pati yang tinggi. Pisang jenis ini lebih nikmat jika diolah menjadi berbagai makanan siap saji, seperti pisang goreng, keripik pisang dan kolak pisang.

Selain mengandung berbagai macam zat gizi seperti serat, kalium, vitamin C dan B6, tanaman pisang kepok juga bisa tumbuh sepanjang tahun. “Tentu ini sangat menguntungkan,” kata dia.

Menurut Azhar, karantina bekerjasama dengan dinas pertanian terkait terutama yang ada di wilayah Tanjung Balai Asahan akan terus mendorong dan mengakselerasi ekspor produk-produk pertanian.

Editor: Idul HM

Previous articlePenyaluran Dana LPDB KUMKM Inginkan Merata di Indonesia
Next articleSebut Kemenag Bangsat, Arteria Dahlan Disarankan Minta Maaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here