Kemenperin Dorong Pertumbuhan Industri MAMIN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan sambutan pada Seminar Nasional dengan tema “Strategi dan Inovasi Sektor Pangan: Menjawab Tantangan Era Industri 4.0” di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 21/3/2018

Jakarat, PONTAS.ID – Kementerian Perindustrian tetapkan Industri makanan dan minuman (mamin) sebagai salah satu sektor manufaktur nasional yang telah siap menjadi percontohan terhadap penerapan teknologi Industry 4.0 di Tanah Air.

”bahwa Potensi industri mamin di Indonesia bisa menjadi champion, karena supply dan user-nya banyak.”

Lebih lanjut Airlangga mengatakan , bahwa kunci di industri mamin adalah food innovation and security, hal ini disampaikan pada Seminar Nasional yang mengangkat tema Strategi dan Inovasi Sektor Pangan: Menjawab Tantangan Era Industri 4.0 di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Kemenperin mencatat, ekspor produk mamin nasional tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar USD11,5 miliar, naik dibanding tahun 2016 yang berada di angka USD10,43 miliar.

Sementara itu, laju pertumbuhan industri mamin pada tahun 2017 mencapai 9,23 persen, jauh di atas pertumbuhan PDB nasional sebesar 5,07 persen.

Untuk investasi, PMDN di industri mamin mencapai Rp38,5 triliun, sedangkan PMA USD1,97 miliar. Sektor industri mamin juga mampu menyerap banyak tenaga kerja, yakni lebih dari 3,3 juta orang.

Menurut Airlangga, Kemenperin tengah memfokuskan lima sektor industri nasional yang bakal menjadi unggulan untuk memperkuat fundamental struktur manufaktur Tanah Air dalam mengimplementasikan sistem revolusi industri keempat.

“Ada lima sektor yang kami siapkan, yaitu indutri mamin, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, dan kimia,” sebutnya.

Airlangga meyakini, revolusi industri keempat menjadi lompatan besar bagi sektor industri nasional, di mana teknologi informasi dan komunikasi akan dimanfaatkan sepenuhnya.

“Tidak hanya dalam proses produksi, melainkan juga di seluruh rantai nilai industri sehingga melahirkan model bisnis baru dengan basis digital guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk lebih baik,” paparnya.

Editor: Idul HM

Previous articleTips Menghilangkan Kantong Mata dengan Teh Celup
Next articleKereta Wisata Dongkrak Pendapatan Keuntungan PT KAI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here